Simak! Strategi Tetap Sehat Saat Berpuasa dengan Cuaca yang Tidak Menentu

Simak! Strategi Tetap Sehat Saat Berpuasa dengan Cuaca yang Tidak Menentu

7 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa. Sumber Foto : Dikutip dari Ilustrasi Freepik--

4. Jaga Imunitas dengan konsumsi vitamin

Saat musim pancaroba sering terjadi penyakit mudah menular. Sehingga pastikan Anda tetap menjaga imunitas dengan konsumsi vitamin

Tubuh akan kekurangan asupan gizi, air, mineral dan vitamin selama berpuasa. Apabila tidak memperhatikan hal tersebut. Maka, tubuh akan merasa lelah, lesu, dan lemas dan akhirnya tubuh akan lebih rentan penularan penyakit yang identik muncul di musim pancaroba.

Oleh karena itu, untuk pemenuhan nutrisi tubuh melalui vitamin dapat dilakukan untuk tetap menjaga imunitas tubuh seperti meng komsumsi Vitamin A,D,C, Zinc, Yodium, dan magnesium dan lainnya.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Agar tetap sehat saat berpuasa ramadhan di  musim pancaroba  sebaiknya tetap melakukan olahraga ringan guna menjaga kekebalan maupun vitalitas tubuh. Yakni, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti Yoga dan Pilates di malam hari setelah berbuka puasa dan beribadah.

6.Hindari makanan berlemak.

Saat berpuasa sebaiknya mengurangi makanan berlemak dan kandungan gula tinggi. Karena dengan mengkonsumsi makanan berlemak dan kandungan gula saat berpuasa terlalu tinggi dapat mempercepat rasa lapar 

7. Penuhi Asupan Protein

Saat berpuasa, asupan protein sama pentingnya dengan konsumsi cairan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi asupan protein dapat memberikan kekuatan dalam menjalani berpuasa.

8. Penuhi Cairan Tubuh

Musim pancaroba ini cuaca berubah sangat drastis bisa dari hujan deras menjadi panas terik atau sebaliknya. Hal ini perlu membutuhkan banyak cairan dalam tubuh.

Jika diluar bulan suci Ramadhan, masyarakat dianjurkan minum air putih minimal 2 liter atau delapan gelas setiap hari.

Selama bulan suci Ramadhan sebaiknya meminum empat gelas air mineral saat sahur dan saat berbuka . Dengan membuat aturan tersebut, cairan tubuh tetap bisa terpenuhi.

9. Jaga Kondisi Emosi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: