176.413 Siswa SMA dan SMK di Lampung Telah Lakukan Finalisasi PTKIN 2023

176.413 Siswa SMA dan SMK di Lampung Telah Lakukan Finalisasi PTKIN 2023

Foto laman resmi UIN RIL : Koodinator Pokja Humas Panitia Nasional PMB PTKIN, Dr.Mukhamad Rikza Chammami,M.Si didampingi Ketua Forum Humas PTKIN (Kabag Humas UIN RIL), Hayatul Islam saat press conference di Grand Orchardz pada Selasa, 21 Maret 2023--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Perguruan Tinggi keagamaan Islam Negeri tengah melukan prose skoring dan penilaian jalur SPAN PTKIN tahun 2023. Proses penilaian dan skoring dilakukan oleh panitia nasional bersama para verifikator perwakilan dari PTKIN se-Indonesia pada Jakarta, 21 Maret 2023.

Pengumuman hasil SPAN-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 3 April 2023 mendatang.

Prof.Dr.Imam Taufiq, M.Ag, Ketua PMB Nasional PTKIN menyampaikan bahwa pada PMB PTKIN baik lewat jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan jalur mandiri, PTKIN memberikan ruang seluas-luasmya kepada pada siswa dan santri seluruh Indonesia untuk dapat menempuh pendidikan tinggi dengan total jumlah kuota mahasiswa baru sebanyak 177.135 mahasiswa baru.

"Terdapat 177.135 kuota mahasiswa baru pada PMB PTKIN tahun ini, kami harap seleksi ini dapat menjadi kesempatan emas bagi para siswa dan santri untuk memperoleh pendidikan terbaik di PTKIN," jelasnya. 

BACA JUGA:Operasi Cempaka Krakatau 2023, Polsek Talang Padang Sita Miras, Penjualnya Dapat Ini

Prof.Imam juga mengatakan seleksi PTKIN Tahun 2023, baik UIN ,IAIN dan STAIN tidak hanya menerima para peserta ditingkat SMA dan MA juga untuk santri lulusan pondok pesantren muadalah.

Dijelaskannya,  Pesantren Muadalalah merupakan pesantren yang menyelenggarakan pendidikan Formal dengan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kekhasan pesantren dengan berbasis kitab kuning atau dirasah islamiah dengan pola pendidikan muallimin secara berjenjang dan terstruktur.

"Kami ingin menjembatani mereka lulusa pondok pesantren untuk menjadi intelektual -intelektual muslim masa depan yang akan memberi dampak positif bagi keislaman dan ke Indonesian lewat PTKIN," jelas Prof.Imam.

Selain para santri dari pesantren muadalah, PMB PTKIN juga memberikan kesempatan kepada para peserta difabel, lanjut Prof Imam, pada jalur UM-PTKIN yang akan dibuka pada bulan April nanti, panitia siap memberikan fasilitas kepada para peserta difabel untuk mengikuti ujian.

BACA JUGA:Pemkab Pesawaran Berduka, Kadis Disdukcapil Berpulang

"PMB PTKIN juga memberi kesempatan pada para peserta difabel, kami telah siapkan panitia khusus yang akan membantu para peserta difabel agar dapat nyaman mengikuti ujian, khususnya di jalur UM-PTKIN nanti,".ucapnya.

Koodinator Pokja Humas Panitia Nasional PMB PTKIN, Dr.Mukhamad Rikza Chammami,M.Si didampingi  Ketua Forum Humas PTKIN (Kabag Humas UIN RIL), Hayatul Islam saat press conference di Grand Orchardz pada Selasa, 21 Maret 2023 menyampaikan bahwa jumlah pendaftar mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Pendaftaran melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) tahun 2023 tercatat sebanyak 176.413 siswa melakukan finalisasi. Jumlah tersebut naik dari tahun lalu, yang berjumlah 172.971 siswa.

Dr.M.Rikza Chamami yang didampingi Ketua Forum Humas PTKIN, Hayatul Islam menerangkan bahwa seleksi masuk perguruan tinggi kegamaan Islam negeri digelar serentak bersama-sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: