Pentingnya Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Perkembangan UMKM

Pentingnya Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Perkembangan UMKM

Opini Tim Kelompok Keilmuan Ekonomi dan Keuangan Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. Emi Suwarni, S.E., M.Si--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Untuk meningkatkan omset dan memperluas jangkauan pasar peran Teknologi Digital terbukti mampu dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia

Tim Kelompok Keilmuan Ekonomi dan Keuangan Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. Emi Suwarni, S.E., M.Si, UMKM menjelaskan, adanya pemanfaatan teknologi digital dapat memberikan UMKM dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha.

Salah satu contoh yang bisa dilakukan dari pemanfaatan digital bisa di ambil dari penggunaan aplikasi perangkat lunak (software).

Di mana pemanfaatan perangkat lunak bisa digunakan para UMKM untuk mengelola inventaris, menghitung keuntungan dan memperoleh informasi yang dapat berjalan dengan efisien.

BACA JUGA:Selamat, Prodi S-1 Biologi FMIPA Unila Resmi Terakreditasi Internasional

Melalui pemanfaatan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya para UMKM bisa memperoleh informasi terkait kebutuhan, keinginan pelanggan.

Selain itu para UMKM bisa memantau sendiri dengan melihat tren pasar apa yang sedang berkembang. 

Sehingga nantinya para UMKM Indonesia bisa mengambil keputusan yang lebih baik dan cepat dalam mengembangkan produk dan strategi pemasaran.

Di balik peran digital yang begitu penting untuk pertumbuhan UMKM terdapat beberapa tantangan bagi para pelaku usaha dalam penerapannya.

BACA JUGA:Awas, Dampak Kebiasaan Tidur Setelah Makan Sebabkan Obesitas, Berikut Ini Penjelasan Lengkapnya

Salah satu tantangan utamanya adalah terkait dengan infrastruktur teknologi dan koneksi internet yang belum merata di seluruh wilayah Indonesia.

Koneksi internet yang belum merata tentunya bisa menghambat pafa UMKM yang berada di daerah menjadi sulit terjangkau untuk memanfaatkan teknologi digital secara optimal.

Tantangan selanjutnya, melihat keadaan bahwa faktanya kurangnya SDM para UMKM yang masih kurang mengerti atau belum terbiasa dengan penggunaan teknologi digital.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untukmeningkatkan literasi digital dan memberikan pelatihan kepada memanfaatkan teknologi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: