Kemenag Lampung Barat Bahas Penerbitan Visa Haji Melalui Aplikasi Saudi Visa Bio

Kemenag Lampung Barat Bahas Penerbitan Visa Haji Melalui Aplikasi Saudi Visa Bio

Kemenag menerapkan aplikasi Saudi Visa Bio untuk memudahkan pembuatan visa, tanpa perlu mengunjungi kedutaan dan konsulat Arab Saudi dalam penerbitan visa bagi para calon jemaah haji. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) menerapkan aplikasi Saudi Visa Bio guna memudahkan pembuatan visa, tanpa perlu mengunjungi kedutaan dan konsulat Arab Saudi untuk penerbitan visa bagi para calon jemaah haji.

Aplikasi Saudi Visa Bio ini sudah menjadi kesepakatan antara Kementerian Agama dengan otoritas Arab Saudi.

Terkait hal ini, Kantor Kementerian Agama Lampung Barat menggelar rapat koordinasi bersama kepala KUA, Senin 27 Maret 2023.

Rapat koordinasi ini membahas persiapan pemberangkatan 700 calon jemaah haji tahun 2023 asal Lampung Barat.

BACA JUGA: THR Karyawan Paling Lambat 18 April 2023, Begini Aturan yang Harus Dipenuhi

Pembahasan terkait penjadwalan pelunasan biaya haji, waktu rekam medis, pembuatan paspor hingga pembuatan visa.

Kasi penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Pirdaus Sablie mengatakan, rakor tersebut juga untuk membahas teknis pembuatan visa melalui aplikasi Saudi Visa Bio.

”Terutama para calon jemaah haji kita ini banyak yang sudah memasuki usia lansia. Dikhawatirkan dikhawatirkan akan mengalami kesulitan. Sebab ini sepenuhnya memerlukan kecakapan teknologi," kata Pirdaus Sablie. 

Secara teknis, terus Pirdaus, aplikasi Saudi Visa Bio dapat merekam biometrik calon jemaah haji sebagai syarat penerbitan visa. 

BACA JUGA: Soal Oprit jembatan Way Rarem Amblas, Begini Penjelasan BPJN Lampung

Ketika calon jemaah belum melakukan perekaman, akan terkonfirmasi pada sistem MoFA (The Ministry of Foreign Affairs atau Kementerian Luar Negeri) ketika proses Fill Mofa Form (FMF).

"Jika terkendala saat melakukan perekaman karena kondisi tertentu, maka jemaah harus menyertakan surat keterangan dokter yang kemudian di-upload pada aplikasi Saudi Visa Bio," urainya.

Kasubbag TU Miftahus Surur meminta seluruh kepala KUA di Lampung Barat untuk memaksimalkan upaya membantu kelancaran layanan bagi para calon jemaah haji. 

Sebab, tahapan sampai calon jemaah haji dipastikan berangkat ke Arab Saudi membutuhkan kesabaran dan keseriusan dalam memberikan pelayanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: