PKM UTI Gunakan Komik Sebagai Media Pembelajaran

PKM UTI Gunakan Komik Sebagai Media Pembelajaran

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Selain pengajaran dan penelitian, salah satu bentuk Tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat (PkM). 

Tim Pengabdian pada Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan kegiatan PkM di SMAN 1 Pekalongan, Lampung Timur, belum lama ini.

Tema PkM kali ini terkait dengan “Komik sebagai Media Pembelajaran”. Kegiatan PkM dilaksanakan oleh Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Matematika yang berkolaborasi dengan Program Studi Informatika.

Dalam kesempatan itu, Dosen Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia Very Hendra Saputra, S.Pd.Si.,M.Pd. memberikan materi terkait komik sebagai media pembelajaran kepada siswa SMA N 1 Pekalongan Lampung Timur. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengolah Ketumpang Air Menjadi Obat

"Pada era pembelajaran 4.0 peran teknologi sangat penting dalam merancang sebuah media, media yang baik yaitu media yang dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran," kata Very.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Dosen Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia terkait penggunaan komik sebagai media pembelajaran, didapatkan hasil bahwa dengan materi yang didesain dalam bentuk soal cerita, siswa akan lebih menikmati proses pembelajaran dan materi yang sulit akan lebih mudah untuk dipahami. 

Oleh karena itu Tim PkM Universitas Teknokrat Indonesia yang terdiri dari dosen Pendidikan Matematika yaitu Very Hendra Saputra, S.Pd.Si., M.Pd dan Putri Sukma Dewi M.Pd berkolabirasi dengan dosen Informatika Debby Alita S.Kom.,M.Cs.

"Memberikan pengenalan dan edukasi terkait media pembelajaran komik terkait bagaimana sistematika cara memggunakan komik sebagai media pembelajaran kepada siswa SMAN 1 Pekalongan," jelasnya.

BACA JUGA:Raih Nilai Tertinggi SMP 11 Mesuji Masuk Final Lomba Cerdas Cermat Tingkat Kabupaten

Kegiatan PkM diawali dengan seminar mini yang diikuti oleh siswa SMAN 1 Pekalongan Lampung Timur, seminar tersebut berisi tentang pengenalan media pembelajaran secara umum, kemudian lebih spesifik tentang media pembelajaran komik.

Dilanjutkan dengan siswa praktik cara menggunakan komik sebagai media pembelajaran, praktik tersebut berisi tentang bagaimana cara membaca alur komik, karna belum semua siswa mengetahui cara membaca alur komik.

Siswa dengan antusian mengikuti acara pelatihan dan pengenalan media komik sebagai media pembelajaran.

Selain dosen PkM ini juga melibatkan mahasiswa Pendidikan Matematika dan Informatika yaitu Putri Amelia, Ketut Winarwa dan Afifudin untuk mendampingi siswa saat praktik penggunaan komik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: