Simak, Ternyata Ini Penyebab Kondisi Metrorrhagia pada Wanita

Simak, Ternyata Ini Penyebab Kondisi Metrorrhagia pada Wanita

Kondisi metrorrhagia atau sakit akibat terjadinya pendarahan abnormal di dalam tubuh wanita. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.com--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Seorang wanita pada umumnya pasti mengalami pendarahan pada siklus menstruasi yang rutin terjadi setiap bulannya.

Namun dalam hal ini, kaum wanita juga mesti memperhatikan apakah pendarahan tersebut akibat siklus menstruasi atau bukan.

Jika pendarahan itu terjadi secara abnormal di luar siklus menstruasi maka kondisi ini dikenal dengan metrorrhagia.

Bagi yang belum tahu, metrorrhagia merupakan istilah medis untuk pendarahan yang menjadi gangguan kesehatan yang umumnya terjadi di antara periode menstruasi pada wanita.

BACA JUGA:Mengenal Metrorrhagia, Pendarahan Abnormal di Luar Siklus Menstruasi pada Wanita

Pendarahan yang terjadi pada kondisi metrorrhagia itu termasuk pada jenis pendarahan abnormal dari vagina.

Kondisi metrorrhagia ini dapat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya stress hingga kekurangan nutrisi dalam tubuh.

Meski dapat dialami oleh wanita di segala usia, namun kondisi tersebut justru lebih sering terjadi atau dialami oleh wanita berusia 45 tahun ke atas daripada wanita yang masih dalam usia remaja.

Selain usia, ada juga beberapa faktor penyebab lainnya yang dinilai dapat meningkatkan risiko mengalami pendarahan abnormal tersebut.

BACA JUGA:Simak, Begini Cara Meredakan Nyeri Haid

Fator lain yang dapat memicu kondisi ini diantaranya penyakit menular seksual, tumor pada rahim, maupun adanya riwayat aborsi pada orang yang mengalami metrorrhagia.

Metrrorrhagia tentunya berbeda dengan menstruasi, kondisi ini dapat mengakibatkan pendarahan menstruasi berat namun di luar siklus menstruasi pada wanita pada umumnya.

Dilansir Radarlampung.co.id dari laman alodokter.com pada Senin, 3 April 2023. Berikut merupakan penyebab kondisi metrorrhagia pada wanita:

Faktor pertama yang dapat menyebabkan kondisi metrorrhagia pada wanita pada umumnya adalah stress.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: