Layanan Adminduk Bandar Lampung Direncanakan Tetap Buka Saat Cuti Bersama Lebaran 2023

Layanan Adminduk Bandar Lampung Direncanakan Tetap Buka Saat Cuti Bersama Lebaran 2023

Kadisdukcapil Bandar Lampung Febriana.---Foto : Prima Imansyah Permana/Radarlampung.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung direncanakan akan buka layanan saat cuti bersama lebaran 1444 H/2023.

Rencana diibukannya layanan administrasi kependudukan (Adminduk) ini untuk menjamin masyarakat bisa mengurus dan mendapatkan kebutuhan adminduk.

Di mana, kita ketahui bersama bahwa cuti bersama lebaran 2023 dimulai 19 April hinggal 25 April 2023. Atau selama tujuh hari.

Kepala Dinas Dukcapil Bandar Lampung Febriana mengatakan, terkait pembukaan layanan adminduk saat cuti bersama lebaran 2023, pihaknya masih menunggu aturan dari pusat.

BACA JUGA:Tindak Lanjuti Hasil Coklit KPU, Disdukcapil Bandar Lampung Lakukan Singkronisasi Data Adminduk

Sebab, saat ini aturan dari pusat terkait pembukaan layanan adminduk saat cuti lebaran belum ada. Pihaknya juga menunggu arahan dari Wali Kota Bandar Lampung.

Di mana, kata Febriana, jika mengacu saat lebaran 2022 lalu, Disdukcapil Bandar Lampung membuka layanan adminduk hingga H-1 lebaran 2022.

"Seperti tahun lalu kita buka hingga H-1 lebaran. Itu sesuai aturan pemerintah pusat. Ada hari di mana layanan adminduk tetap buka. Tidak ikut jadwal cuti bersama," ujar Febriana, Jumat 7 April 2023.

Sebab diungkapkan Febriana, hari libur lebaran dijadikan momentum bagi masyarakat Bandar Lampung yang tinggal di luar kota untuk mengurus adminduk.

BACA JUGA:Sambut Mudik, Dishub Bandar Lampung Tertibkan Kendaraan Parkir di Bahu Jalan Yos Sudarso

Ditambah, libur lebaran atau cuti bersama tahun 2023 ini cukup lama.

Sehingga pemerintah mesti siap memberikan layanan adminduk untuk masyarakat yang tengah mudik lebaran dan sebagainya.

Selain offline dengan datang ke loket Disdukcapil, lanjut Febriana, masyarakat dapat mengakses secara online untuk mendapatkan layanan adminduk.

Maka, dengan ada layanan online ini, masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir kesulitan mengurus kebutuhan adminduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: