Simak, Beberapa Manfaat Berbuka Puasa Bagi Tubuh

Simak, Beberapa Manfaat Berbuka Puasa Bagi Tubuh

Puasa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Berpuasa adalah kegiatan menahan diri untuk makan atau minum dalam jangka waktu tertentu pada siang atau malam hari. kegiatan in biasanya dilakukan oleh seiumlah umat agama Islam di seluruh dunia sat menialani ibadah di bulan Ramadan. 

Namun, tidak hanya sebagai ibadah, berpuasa juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berpuasa bagi kesehatan.

1. Mempercepat proses metabolisme tubuh

Berpuasa dapat mempercepat proses metabolisme tubuh. Dalam kondisi normal, tubuh mengonsumsi energi dari makanan yang kita konsumsi. Namun, saat berpuasa, tubuh beralih menggunakan energi dari cadangan lemak yang tersimpan di dalam tubuh. 

Hal ini membuat tubuh lebih cepat dalam proses pembakaran kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selama berpuasa, tubuh mulai memproduksi lebih banyak sel darah putih, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak sel darah putih yang dihasilkan oleh tubuh, semakin baik kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

2. Meningkatkan kontrol gula darah

Berpuasa juga dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Dalam proses berpuasa, tubuh akan melahap cadangan gula darah yang tersimpan dalam hati dan otot. 

Hal ini membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin yang diproduksi oleh pankreas, sehingga gula darah dapat dikontrol dengan lebih baik.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Di samping manfaat-mantaat tersebut, berpuasa juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. 

Hal ini karena proses berpuasa dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat pada tubuh, yang merupakan faktor risiko terhadap penyakit kardiovaskular.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Berpuasa tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, namun juga bagi kesehatan mental. Saat berpuasa, tubuh mengalami proses detoksifikasi, di mana tubuh membantu menghilangkan racun-racun yang tersimpan dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: