Nama Budi Darmawan Muncul dan Diusulkan sebagai Pj Bupati Tubaba, Dr Zaidirina Kemana?

Nama Budi Darmawan Muncul dan Diusulkan sebagai Pj Bupati Tubaba, Dr Zaidirina Kemana?

Ilustrasi lelang jabatan.-Pixabay-

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Fraksi-fraksi di DPRD Tulang Bawang Barat (TUBABA) saat ini gundah. Itu lantaran Ketua DPRD TUBABA Ponco Nugroho ST hanya membawa satu nama calon penjabat bupati TUBABA.

Nama tersebut adalah Budi Darmawan yang juga Kepala Dinas Pengairan Provinsi Lampung.  Sedangkan Dr. Zaidirina tidak diusulkan DPRD setempat, meskipun Fraksi Nasdem dan Fraksi Hanura-Perindo hanya mengusulkan nama Zaidirina

Sekadar diketahui, Fraksi Demokrat mengusulkan Budi Darmawan dan Zaidirina. Fraksi Gerindra mengusulkan Budi Darmawan. Fraksi PDI Perjuangan mengusulkan satu nama hanya Budi Darmawan. Fraksi PAN-PKB mengusulkan Budi Darmawan-Zaidirina.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Paisol, SH membenarkan informasi yang ia terima bahwa Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, mengusulkan satu nama sebagai calon Penjabat Bupati Tubaba, tanpa melalui rapat pimpinan.

"Kami tidak tahu isi surat usulannya, kami tidak lihat bentuk fisiknya, tetapi informasinya benar hanya satu nama yang diusulkan ketua DPRD Tubaba, yaitu Budi Darmawan. Kalau Fraksi Demokrat mengusulkan dua nama yaitu Dr.Zaidirina, SE.Msi, yang sekarang menjabat, dan Budi Darmawan Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air Provinsi Lampung" kata Paisol dikonfirmasi melalui telepon selulernya tadi sore. 

Dikatakan Paisol, setelah rapat paripurna HUT Tubaba ke-14 di gedung DPRD Tubaba, Pimpinan DPRD setempat menggelar rapat, dan sempat dipertanyakan Fraksi Demokrat tentang rapat tersebut.

"Waktu rapat pimpinan sempat saya tanya dengan Ketua DPRD Tubaba, ini rapat apa pimpinan, kalau ini rapim tolong buatkan berita acaranya, ini membahas masalah apa?,"kata Paisol 

Diungkapkan Paisol dalam forum rapat tersebut mempertanyakan rapim tersebut jika terkait pengusulan calon Pj. Bupati Tubaba, fraksinya meminta agar membuat berita acara terkait pengusulan calon Pj. Bupati.

"Maka jawab Ponco ketua DPRD Tubaba saat itu, 'tidak 'ini hanya ngobrol biasa. Usulkan saja tiap-tiap fraksi siapa yang mau diusulkan sebagai Pj Bupati Tubaba. Kata pak Sobri Ketua Fraksi Nasdem kalau ada empat nama nanti dibahas, karena usulan maksimal tiga nama minimal satu," ungkap Paisol 

Sementara itu, dikatakan Ketua Fraksi Partai Nasdem Drs.Sobri, MM, usulan yang disampaikan Ketua DPRD Tubaba dinyatakan tidak jelas. Pasalnya usulan dari fraksi Nasdem dan Fraksi Hanura sama-sama mengusulkan satu nama yaitu Dr. Zaidirina. 

"Kemudian Fraksi Demokrat mengusung dua nama yaitu Dr. Zaidirina dan Budi Darmawan, sedangkan Fraksi PDIP mengusulkan Budi Darmawan. Sementara itu Gerindra kami tidak tahu karena tidak melihat bunyi surat usulannya" kata Sobri. 

Lanjutnya, isu yang berkembang Ketua DPRD Tubaba justru hanya mengakomodir satu nama yaitu Budi Darmawan tanpa koordinasi dengan fraksi-fraksi. 

"Ini lembaga resmi lho, kalau memang berdasarkan rapim di DPRD Tubaba, apakah ada berita acaranya, apakah ada absennya, memenuhi kuorum tidak rapat itu, tidak bisa ketua DPRD itu ngolah sendiri. Ini jadi tanda tanya besar masalah ini, kami tidak ada komunikasi dengan Ponco Nugroho. Jadi keputusan usulan yang dikirimkan ketua DPRD Tubaba itu jadi tanda tanya besar. Semua ini ada mekanismenya, gak ada itu pakai voting-voting." kata Sobri. 

Sementara itu, Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho belum bisa dikonfirmasi. Meski ponselnya aktif, namun ia tidak membalas chat yang dikirim Radar Lampung ke ponselnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: