Teliti Kinerja Pemerintah Daerah di Indonesia, Dosen UBL ini Raih Gelar Doktor

Teliti Kinerja Pemerintah Daerah di Indonesia, Dosen UBL ini Raih Gelar Doktor

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dosen Universitas Bandar Lampung (UBL) Dr. Khairudin, MS, Ak meraih gelar Doktor dari Program Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

Sidang Promosi Doktor digelar pada Senin, 10 April 2023 di Aula Konimex, Ged. Bachtiar Effendi UNS.

Dosen prodi Akuntansi FEB UBL ini berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Kinerja Pemerintah Daerah Di Indonesia : Perspektif Teori Keagenan (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia) di depan tim promotor dan penguji diantaranya Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A.,Ak.,CA. selaku penguji eksternal dari Universitas Gajah Mada, Prof. Djoko Suhardjanto dan Dr. Muthmainah, M.Si., Ak selaku penguji internal dan Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak., Dr. Jaka Winarna, dan Dr. Evi Gantyowati selaku tim promotor dan juga dihadiri Wakil Rektor, Dekan dan beberapa mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan S3 di program studi yang sama.

Khairudin menjelaskan, kinerja pemda di Indonesia masih belum baik, ditandai dengan Indeks Kinerja Kemandirian Pemda selama tahun 2016 - 2020 berada pada angka 11,56% yang berarti masih belum mandiri serta terdapat 56% lebih Pemda di Indonesia dengan nilai Indeks Pembangunan Manusia berada pada kreteria sedang dan rendah yang disebabkan karena adanya agency problem (masalah keagenan).

BACA JUGA:Menyamar Sebagai Wanita di Facebook, 3 Pria Aniaya Korban Hingga Merampas HP dan Motornya

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan konsep yang solutif untuk meningkatkan kinerja Pemda di Indonesia dengan pendekatan Agency Theory (Jensen & Meckling,1976).

Khairudin menjadi Doktor ke 145 yang dilahirkan Program Doktor Ilmu Ekonomi UNS dengan predikat Cumlaude dengan IPK 3,93 dan masa studi 3 tahun 8 bulan.

Seusai melaksanakan ujian disertasi terbuka, Khairudin disambut hangat oleh keluarga dan kerabat serta Direktur Pascasarjana UBL, Dr. Andala Rama Putra Barusman bersama beberapa dosen dari FEB UBL yang juga hadir langsung menyaksikan Promosi Doktor Ilmu Ekonomi yang diraihnya. (*/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: