Ingin Buka Puasa di Rumah dengan Menu Seafood, Ini Deretan Resep Olahan Kerang

Ingin Buka Puasa di Rumah dengan Menu Seafood, Ini Deretan Resep Olahan Kerang

Foto Instagram @Safiradesyartie : Bumbu Kerang Bumbu Bali--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Makanan Olahan Seafood salah satunya kerang sering menjadi makanan spesial disajikan untuk menu berbuka puasa. Banyak resto menawarkan menu olahan kerang salah satu menu andalan resto mereka.

Beberapa jenis kerang banyak tersedia di Indonesia, namun yang banyak ditemui adalah jenis Kerang Dara dan Kerang Hijau. Keduanya, sama bernutrisi selama Kamu memilih kerang yang segar.

Dilansir dari laman resmi Hello Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bahwa  kandungan gizi yang biasa Kamu  dapatkan dari kira kira 85 gram kerang yakni Protein 11 gram atau 22 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) harian, Lemak 1 gram atau 1 persen dari AKG, Asam lemak Omega-3 sebesar 168 miligram, Zat besi sebesar 12 miligram atau 66 persen dari AKG.

Lalu, Vitamin A yakni 10 mikrogram atau 9 persen dari AKG,  Vitamin B12 sebesar 42 mikrogram atau 700 persen dari AKG , Vitamin C  sebesar 11,1 miligram atau 18 persen dari AKG.

BACA JUGA:Nikmati 7 Kode Promo Gojek Terbaru April 2023 : Banyak Cashback Gila-Gilaan!

Lalu, Kalsium sebesar 78,2 miligram atau 7 persen dari AKG, Kalium sebesar 533.8 miligram atau 15 persen dari AKG

Karena banyak kandungan gizi pada Kerang, sehingga Kerang  memiliki berbagai khasiat dalam tubuh kita salah satunya, mengatasi anemia, menjaga kesehatan jantung, membentuk dan merawat otot, kesehatan sistem saraf, serta menjaga sistem imun pada tubuh.

Kendati demikian, beberapa orang ada yang alergi terhadap seafood termasuk kerang misalnya muncul gejala alergi seperti gatal, muncul ruam, biduran, mual, muntah, diare, sulit bernapas, atau pembekalan, berhenti makan dan segera minuman obat alergi makanan.

Sebaiknya, tidak mengkonsumsi kerang yang masih mentah karena efek sampingnya sangat sehat besar buar kesehatan. Untuk itu, rebus terlebih dahulu kerang tersebut kurang lebih lima menit atau kukus selama empat sampai sembilan menit.

BACA JUGA:Sejumlah Alkes Dipastikan Ada yang Terbakar

Selain itu, Hindari memakan kerang yang cangkangnya tidak bisa terbuka. Ini berarti kerangnya sudah mati sebelum dimasak. Kerang yang sudah mati sangat cepat membusuk dan rasanya tidak nikmat lagi.

Nah, Kerang jadi Olahan Spesial buka Puasa juga loh...Ingin buka Puasa di Rumah dengan Menu Seafood ? Berikut ini, Radar Lampung telah merangkum dari  berbagai Resep menu Instagram terkait deretan Resep Olahan Kerang nama Daerah hingga Negara, antara lain :

1. Kerang Bumbu Bali

Bahan - Bahan : 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: