Catat! Berikut Ini Nomor Telepon Penting untuk Mudik Lebaran 2023

Catat! Berikut Ini Nomor Telepon Penting untuk Mudik Lebaran 2023

Beberapa call center nomor penting mudik lebaran. Sumber Foto: akun Instagram @kemenhub151--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Menjelang momen kepulangan Idul Fitri 2023, masyarakat yang mudik dengan mobil pribadi juga perlu mempersiapkan beberapa hal.  Salah satunya terkait nomor telepon beberapa instansi yang harus disimpan.

Ini memprediksi masalah mengemudi bolak-balik, membuatnya mudah untuk menghubungi nomor telepon yang disebutkan untuk meminta bantuan. Selain itu, Kementerian Perhubungan memprediksi lebih dari 123 juta penumpang akan melakukan perjalanan dari Jawa ke Sumatera pada tahun 2023.

Tidak dapat dipungkiri berapa banyak kendaraan yang berada di jalan dan merupakan tanggung jawab kita sebagai pemudik untuk menjaga nomor telepon penting yang disediakan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Mengutip dari akun Instagram resmi Kementerian Perhubungan RI @kemenhub151, Penumpang sebaiknya menyimpan beberapa nomor telepon penting. Misalnya, seperti nomor darurat, terjadi sesuatu saat Anda berkendara bolak-balik di jalan raya.

Penumpang kemudian dapat mengikutinya langsung melalui telepon untuk menerima update kondisi lalu lintas di jalan yang akan mereka lewati. Dengan menyimpan nomor-nomor penting tersebut, penumpang juga bisa lebih santai dan nyaman selama perjalanan mudik Lebaran.

Ingatlah bahwa saat berkendara mudik saat lebaran dengan kendaraan pribadi, pengemudi harus memperhatikan kondisi fisiknya.  Jangan sampai mengemudi karena kelelahan menyebabkan kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian.

Karena menurut data yang dihimpun pihak kepolisian Indonesia, penyebab kecelakaan lalu lintas terbesar adalah pengemudi. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memperkirakan sekitar 80 persen kecelakaan disebabkan oleh kelelahan.

Untuk itu, sebaiknya istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Jika merasa lelah di tengah perjalanan, disarankan untuk segera mencari tempat peristirahatan dan istirahat terdekat untuk menghindari resiko kecelakaan. 

Pengemudi juga disarankan untuk istirahat setiap 3-4 jam sekali. Dan jika perjalanan lebih dari 8 jam, disarankan memiliki dua pengemudi yang bisa bergantian.

Di bawah ini adalah nomor telepon penting yang harus selalu tersedia untuk umum, terutama wisatawan yang mengantisipasi potensi hambatan dalam perjalanannya. 

1. Perjalanan Mudik :

Jalur mudik 24 jam (WA): 0822-8885-8884,

Jalur mudik 24 jam: 158,

Jasa Marga 24 jam: 14080,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: