Pemkab Mesuji Akan Terapkan Aplikasi Umum SPBE Bidang Kearsipan

Pemkab Mesuji Akan Terapkan Aplikasi Umum SPBE Bidang Kearsipan

Sistem penerimaan SPBE Kearsipan Pemkab Mesuji. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Mesuji, akan menerapkan Sistem Tata Naskah Dinas Secara Elektronik dan Pengelolaan Arsip Dinamis Terintegrasi dengan menggunakan Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) merupakan aplikasi umum SPBE bidang kearsipan.

Menurut Kepala Bidang Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Kabupaten Mesuji Siti Munawaroh jika Srikandi merupakan akronim dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi. 

"Yang merupakan amanah dari Peraturan Presiden 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis, Srikandi ditetapkan sebagai Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis dan berlaku secara nasional," jelasnya.

BACA JUGA:Tinjau Pos Pelayanan Arus Mudik 2023, Pj. Bupati Pringsewu Soroti Ini

Dengan implementasi Srikandi diharapkan dapat mensinergikan dan mewujudkan reformasi birokrasi dalam tata kelola pemerintahan yang lebih baik, efektif dan efisien serta mewujudkan pelayanan publik yang prima. 

Selain itu menurutnya diharapkan dapat mempermudah pekerjaan ASN dalam menjalankan birokrasi, mempercepat komunikasi kedinasan, mempercepat pengambilan keputusan yang diperlukan serta pengamanan arsip secara lebih baik.

Sebagai upaya percepatan penerapan Aplikasi Srikandi, kami telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi di Lingkungan Pemkab Mesuji yang digelar Ruang Rapat Komputer Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mesuji.

BACA JUGA:Perpres Nomor 21 Tahun 2023, Jam Kerja ASN Fleksibel, Ini Ketentuannya

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama enam hari kerja yang dimulai pada 10 - 17 April 2023 yang dihadiri oleh masing-masing Perangkat Daerah Kabupaten Mesuji yang dihadiri oleh 16 peserta di setiap harinya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: