Disperindag Provinsi Lampung Antisipasi Kenaikan Bawang Merah

Disperindag Provinsi Lampung Antisipasi Kenaikan Bawang Merah

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung mengantisipasi kenaikan bawang merah jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Hal ini disampaikan Kepala Disperindag Provinsi Lampung, Elvira Umihanni pada Kamis, 19 April 2023.

"Iya hampir seluruh komoditas pangan harganya stabil ya, ada kenaikan ya karena mau dekat lebaran. Tapi kami antisipasi kenaikan harga bawang merah," katanya.

Dia mengatakan sejumlah komoditas juga diharapkan tidak terganggu penyaluran nya ditengah musim mudik tahun ini.

BACA JUGA:Jelang Sidang Itsbat, Ini 123 Lokasi Pemantauan Hilal di Indonesia

Dengan demikian maka stok pangan kita yang memang masih didukung daerah lainnya bisa tetap aman.

"Kita harap truk yang bawa komoditas pangan ke Lampung melalui pelabuhan bisa tetap berlalu lintas ya, agar tetap stok pangan kita tetap terjaga hingga setelah lebaran," katanya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia, melakukan Pemantauan Ketersediaan dan Harga Pangan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, di Pasar Pasir Gintung, Selasa 18 April 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Chusnunia mengecek stok dan harga sejumlah bahan pokok seperti beras, minyak goreng, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, telur ayam.

BACA JUGA:Ditanya Soal Ajarkan Etika Anaknya oleh Gindha Ansori, Ayah Bima Yudho: Sopan Santun Tapi Korupsi, Pilih Mana?

Langkah ini juga untuk menjaga inflasi bahan pangan di Provinsi Lampung.

Wagub Chusnunia menjelaskan bahwa harga bahan pokok yang terpantau di pasar pasir gintung relatif stabil dan stok dalam kondisi aman.

"Alhamdulilah kawan-kawan bisa menyaksikan, harga stabil. Malah beras cenderung turun, kemudian minyak goreng sesuai HET. Juga, bumbu-bumbu. Daging juga, tidak mengalami kenaikan, persis seperti hari biasa, di harga 130 ribu. Kemudian telur juga 27 ribu, stabil di angka itu," ungkap Wagub Chusnunia.

Wagub Chusnunia juga mendapatkan fakta di lapangan bahwa harga cabai relatif stabil, bahkan separuh harga bila dibandingkan dengan momen menjelang lebaran pada tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: