Jaga Keamanan Pengunjung, Siapkan Penjaga Pantai

Jaga Keamanan Pengunjung, Siapkan Penjaga Pantai

Ilustrasi pantai. Foto Pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pariwisata (Dispar), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memastikan siaga di sejumlah lokasi wisata selama libur lebaran tahun 2023. Bahkan Dispar akan menyiagakan lifeguard atau penjaga pantai di sejumlah titik.

Sekretaris Dispar Pesbar Mardiansyah, mendampingi Kadispar Pesbar I Nyoman Setiawan, S.E., mengatakan hari ini sejumlah lokasi wisata akan mulai di padati oleh wisatawan yang berasal dari berbagai daerah di sekitar Kabupaten Pesbar. 

"Bahkan wisatawan asal Kabupaten Pesbar juga kita perkirakan akan memadati lomasi wisata yang ada di kabupaten ini, terutama pada pemudik yang tengah pulang dari rantauan pada momen lebaran tahun ini," kata dia.

Dijelaskannya, lokasi wisata pantai di Kabupaten Pesbar cukup rawan bahkan sering menelan korban jiwa saat momen-momen hari besar, karena padatnya pengunjung dan ada yang sampe nekat mandi di laut bahkan di lokasi tersebut dilarang.

BACA JUGA:Cegah Kemacetan, Begini Pola yang Dilakukan Satlantas Pringsewu

"Kita tetap mengimbau dan tidak memperbolehlan wisata untuk mandi dan berenang di pantai, terutama pantai yang selama ini sering menelan korban jiwa," jelasnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi adanya korban kecelakaan laut dan mencegah adanya korban jiwa, pihaknya telah menyiagakan penjaga pantai yang siap terjun ke laut jika memang dibutuhkan.

"Kita telah menyiagakan penjaga pantai untuk mengamankan pengunjung agar jika ada yang hanyut terbawa ombak mereka bisa langsung melakukan penyelamatan," ujarnya.

Selain itu, dalam mengamankan lokasi wisata seperti di Pantai Labuhan Jukung, Pos Basarnas Tanggamus juga akan ambil bagian untuk membantu melakukan pengamanan dan mencegah adanya korban jiwa.

BACA JUGA:Mulai Besok! Kendaraan Jenis Ini Tidak Bisa Menyeberang lewat Pelabuhan Bakauheni Selama Arus Balik 2023

"Kita juga akan dibantu oleh Pos Basarnas Tanggamus untuk mengamankan pantai labuhan jukung, kita harap tidak ada pengunjung yang sampai menjadi korban hanyut di laut Kabupaten Pesbar selama libur lebaran tahun ini," harapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: