Dinas Pariwisata Terus Upayakan Inovasi untuk Pengembangan Lokasi Wisata di Tanggamus

Dinas Pariwisata Terus Upayakan Inovasi untuk Pengembangan Lokasi Wisata di Tanggamus

Objek wisata Air Terjun Way Lalaan menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan pada hari libur Idul Fitri 1444 Hijriah. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pariwisata Tanggamus terus berupaya membuat inovasi untuk pengembangan tempat-tempat wisata di kabupaten itu.    

Terlebih, antusias pengunjung yang mendatangi lokasi wisata di Tanggamus pada libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah cukup tinggi. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Retno Noviana Damayanti menegaskan, pihaknya akan terus berupaya memperbaiki infrastruktur dan menambah wahana sehingga memiliki daya tarik baru. 

"Dengan begitu dapat terus mengundang minat para wisatawan berkunjung kembali. Alhamdulillah, pengunjung antusias pada hari libur Idul Fitri tahun ini," kata Retno Noviana Damayanti. 

BACA JUGA: Jalur Terkena Amblesan, Empat KA Batal Berangkat

"Melihat antusias pengunjung objek wisata, kita berharap akan selalu meningkat. Ke depan akan terus diupayakan membuat inovasi-inovasi lagi untuk pengembangan tempat-tempat wisata," tegasnya. 

Diketahui, sejumlah objek wisata di Tanggamus dipadati pengunjung pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Salah satu destinasi yang ramai didatangi wisatawan dari berbagai kecamatan di Tanggamus dan kabupaten/kota di Lampung adalah adalah Taman Wisata Muara Indah (TWMI). 

Berdasar pantauan Radarlampung.co.id, sejak H+2 Idul Fitri 1444 Hijriah, lokasi wisata tersebut mulai dipadati pengunjung. 

BACA JUGA: Cara Cek Penerima Bansos PKH Tahap 2 2023, Ibu Hamil, Balita, Siswa Berkesempatan Cair Bulan Mei Ini

Mayoritas pengunjung adalah keluarga, remaja dan anak anak. Mereka sengaja memanfaatkan libur Idul Fitri untuk berekreasi.

Salah seorang pengurus Taman Wisata Muara Indah Kota Agung pak Jun mengatakan, jumlah pengunjung yang datang pada libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini bisa mencapai ribuan orang. 

”Jumlah pengunjung tersebut meningkat dibandingkan dengan hari bisa,” kata pak Jun. 

Diterangkan, tiket masuk Taman Wisata Muara Indah Rp 5.000 per orang. Kemudian untuk parkir motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. 

BACA JUGA: Ssttttt, Muncul Lagi Aset Tak Terduga Milik Pegawai Lapas Dhawank Delvi, Tebak Apa Hayo...

Sedangkan untuk wahana permainan di Taman Wisata Muara Indah terdapat mobil-mobilan untuk anak-anak, scooter, sepeda listrik, odong-odong, sewa ban bagi pengunjung yang ingin mandi di laut,  baju renang dan pelampung serta sewa perahu. 

”Untuk pengamanan di area wisata, ada petugas dari kepolisian dan TNI lengkap ikut memantau,” terangnya.

Sementara, Ema, warga Pesawaran mengaku sengaja memanfaatkan hari libur Idul Fitri ke Taman Wisata Muara Indah bersama keluarga untuk rekreasi. 

"Saya sudah dua kali ini ke sini. Karena tempatnya bagus. Disamping anak-anak bisa bermain. Kita juga bisa mandi di laut,” katanya. 

BACA JUGA: Segera Cek! Berikut Syarat Bansos PKH Tahap 2 2023 Cair Rp750 Ribu di Bulan April dan Juni, Ini Kategorinya

Selain Taman Wisata Muara Indah pada libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini, objek wisata Air Terjun Way Lalaan juga ramai pengunjung yang datang dari berbagai daerah. 

Salah seorang pengurus objek wisata Air Terjun Way Lalaan Ferawati kepada Radarlampung.co.id mengatakan, harga tiket masuk destinasi per orang Rp 10.000.

Untuk parkir kendaraan motor Rp 5.000 dan mobil Rp 15.000. 

Ferawati menambahkan, pengunjung mulai ramai pada libur H+ 2 Idul Fitri. Para wisatawan berasal dari berbagai daerah. Bahkan ada yang dari kabupaten dan kota di luar Tanggamus. 

BACA JUGA: Al Ghazali Sebut Prabowo Subianto Tokoh Paling Ikhlas Kepada Rakyat

Objek wisata Air Terjun Way Lalaan dilengkapi sejumlah fasilitas wisata. 

Antara lain musala, kamar ganti, toilet, dan sewaan ban jika pengunjung ingin mandi. 

Selain itu, Way Lalaan juga memiliki dua air terjun, yaitu air terjun pertama dan air terjun kedua.

Deden, salah seorang pengunjung Air Terjun Way Lalaan dari Pringsewu mengungkapkan, dirinya senang mengunjungi Way Lalaan karena suasana alamnya yang sejuk dan hembusan angin pengunungan sepoi-sepoi membuat nyaman. 

BACA JUGA: Kemenkes Siapkan Tim Advokasi Kawal Kasus Penganiayaan Dokter di Lampung

Hal senada disampaikan Iwan, warga Kecamatan Talang Padang. Ia mengaku jika libur kerap ke Way Lalaan.

”Sebab airnya dingin dan suasana alam diseputaran air terjun  buat pengunjung nyaman,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Hj. Retno Noviana Damayanti ketika dikonfirmasi Radarlampung.co.id mengatakan bersyukur atas antusiasnya pengunjung objek wisata di Tanggamus. 

"Melihat antusias pengunjung objek wisata, kita berharap akan selalu meningkat,” kata Retno.   

BACA JUGA: Deretan Bansos yang Cair Usai Lebaran 2023, Cek Besaran Bantuan untuk KPM

Ke depan akan terus diupayakan mengadakan inovasi-inovasi lagi untuk pengembangan tempat-tempat wisata.  

”Baik itu memperbaiki infrastrukturnya, menambah wahana-wahananya, dan ada daya tarik baru. Agar dapat terus mengundang minat para wisatawan berkunjung kembali," tuturnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: