Pariwisata Lampung Miliki Potensi yang Cukup Baik

Pariwisata Lampung Miliki Potensi yang Cukup Baik

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar pertemuan bersama beberapa stakeholder terkait dengan pariwisata Lampung.

Dalam diskusi ini, Abdul Hakim mengatakan apapun yang dibahas dalam kegiatan ini akan dibawa nantinya ke pemerintah pusat.

"Kegiatan ini membahas secara konkrit dalam perkembangan pariwisata terkait dengan berbagai hal lain, mulai fisik, sumber daya manusia, cultur dan kebijakan lainnya. Oleh karenanya supaya lebih konkrit, saya ingin aspek-aspek peraturan yang itu bagian pusat harus dapat peninjauan ulang, jika ada maka perlu adanya perbaikan peraturan perundangan," kata Abdul Hakim.

Dia mengatakan jika dalam aturan tersebut ada yang perlu mendapatkan dukungan infrastruktur dan fisik, nantinya akan difokuskan. Apakah hal ini tugas pemerintah pusat, provinsi atau kabupaten/kota. 

BACA JUGA:Kinerja Keuangan BSI Semakin Solid, Ini Faktanya

"Mestinya masterplan pembangunan pariwisata itu sudah tergambar, itu yang harus kita perjuangkan, sehingga setelah hari ini ada rumusan yang lebih tajam lagi," katanya.

Sementara Kadis Pariekraf Provinsi Lampung, Bobby Irawan mengatakan sektor pariwisata diharapkan jadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi lampung kedepan.

"Saat ini juga kita sudah membagi 3 kawasan, ada kawasan teluk Lampung, kawasan way kambas dan sekitarnya, dan di Lampung bagian barat," katanya.

Pengembangan destinasi wisata di Lampung terus berlanjut. Seperti di Pesawaran sudah terdaftar 131 lokasi wisata. Di Lampung Selatan 60 destinasi, di luar Bakauheni Harbour City. 

BACA JUGA:Pria Ini Nekat Perkosa Istri Tetangga, Begini Nasibnya

"Bahkan kedepannya, BHC karena masuk kawasan pariwisata terintegrasi, maka harus memenuhi 3 kawasan kita. Diharapkan masyarakat Lampung, terutama lamsel yang bisa memanfaatkan sebesar-besarnya," katanya.

Bobby juga mengajak masyarakat di desa untuk menciptakan desa wisata berdasarkan potensi di masing-masing desa. Sehingga hal ini dapat meningkatkan pembangunan dan perekonomian di desa tersebut.

Sementara Ketua DPP APINDO Lampung, Ary Meizari mengatakan Lampung surga wisata, hampir seluruh potensi wisata di dunia ada di Lampung. Tapi masalahnya infrastruktur.

"Infrastruktur di daerah lain sebenarnya juga terbatas tapi minat wisatawan tetap tinggi. Semua kabupaten/kota kita punya potensi wisata, tapi kalau mau digarap semua nggak mungkin karenanya kita harus pilih potensi mana yang perlu menjadi unggulan," bebernya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: