Antisipasi Hadapi El Nino, Ini yang Dilakukan BPBD Pesawaran

Antisipasi Hadapi El Nino, Ini yang Dilakukan BPBD Pesawaran

Sebanyak 32 provinsi akan menghadapi kemarau panjang akibat hantaman El Nino. FOTO KOMINFO --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran akan menggandeng PDAM dan stakeholder untuk penyediaan air bersih sebagai bentuk antisipasi hadapi El Nino Agustus mendatang.

"Dari BMKG sudah ada pemberitahuan, kita ini mulai masuk kemarau pertengahan Mei dan puncaknya Agustus hingga September,"ungkap Kepala BPBD Pesawaran Sopyan Agani, Minggu 30 April 2023.

Dikatakan, saat ini sudah  terbentuk desa tangguh bencana. Dimana, nantinya tim tangguh  bencana dari desa akan berkoordinasi dengan kecamatan dan kabupaten untuk menghadapi musim kemarau kali ini

BACA JUGA:Gegara Bekas Cupang, Aksi Persetubuhan Anak Dibawah Umur Terungkap

"Untuk distribusi air bersih nantinya jika terdapat warga yang kekurangan air bersih, selain mobil tangki air bersih milik kita, kita juga akan kerja sama dengan PDAM dan sejumlah perusahaan yang menyediakan air bersih nantinya,"ucapnya.

Bahkan, lanjut mantan Kepala Distamben Pesawaran ini, antisipasi kebakaran saat musim kemarau kali ini. Dimana, masyarakat diimbau untuk tidak membuka lahan (perkebunan) dengan metode di bakar, kemudian tidak membuang puntung rokok sembarangan.

"Tolong jangan buang puntung rokok sembarangan yang dapat memicu titik api (hot spot),"imbaunya.

Ditanya hot spot di Pesawaran? Diakui Sopyan Agani bahwa beberapa waktu lalu pihaknya sudah membahas hal itu pada rapat penanggulangan bencana kabupaten yang dihadiri BMKG

BACA JUGA:Mobil Listrik Jadi Kendaraan Utama KTT ASEAN, PLN Siapkan 108 Charging Station di Labuan Bajo

"Nanti BMKG akan langsung menginformasikan ke kecamatan dan desa terkait titik api tersebut. Namun yang paling utama adala kesadaran kita bersama untuknya tidak membuang puntung rokok sembarangan termasuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar," pungkasnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: