Profil Yasonna Laoly, Menteri Nias Pertama dua Periode jadi Andalan Jokowi

Profil Yasonna Laoly, Menteri Nias Pertama dua Periode jadi Andalan Jokowi

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Foto/Instagram @yasonna.laoly--

RADARLAMPUNG.CO.ID-Profil Yasonna Laoly, Menteri Nias pertama dua periode jadi andalan Jokowi. 

Nama menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly menjadi trending topik perbincangan di Twitter Indonesia beberapa waktu lalu.

Sedikitnya lebih dari 3 ribu cuitan menyebutkan nama Menkumham RI yakni Yasonna Laoly.

BACA JUGA:Yasonna Laoly Trending Topik di Twitter, Ada Apa?

Yasonna Laoly masuk dalam trending topik pembicaraan di Twitter Indonesia. Yang kini diketahui publik bahwa dirinya akan berjanji mengusut tuntas pegawainya yang berperilaku hedon.

Padahal sebelumnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi meminta agar ASN (Aparatur Sipil Negara), supaya bisa hidup dengan sederhana saja.

Yasonna Laoly juga dikaitkan dengan riuhnya pernyataan artis Tio Pakusadewo soal peredaran narkoba di lembaga permasyarakatan.

BACA JUGA:Soal Dugaan Monopoli Bisnis Lapas yang Dilakukan Anaknya, Begini Tanggapan Yasonna Laoly

Atas pernyataan Tio Pakusadewo ini, Yasonna Laoly membantah keras dan menyebut apa yang disampaikan Tio Pakusadewo itu adalah sebuah kebohongan. 

Mengutiip laman wikipedia. Yasonna Laoly sendiri mencetak sejarah sebagai orang nias pertama yang menjadi menteri . Pria yang bernama lengkap Yasonna Hamonangan Laoly ini lahir pada 27 Mei 1953.

Yasonna menjalani pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi di Sumatera Utara.

Yasonna merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara tahun 1978. 

Pada tahun 1994 Yasonna berkesempatan mengambil gelar doktoral di North Carolina University.

BACA JUGA: Airlangga ke Prabowo, Cak Imin Goda Demokrat

Yasonna memulai karirnya sebagai pengacara pada tahun 1978. Kemudian kurun 1980 hingga 1983 Yasonna dipercaya sebagai pembantu dekan fakultas Hukum di Universitas HKBP Nommensen.

Dirinya juga pernah menjadi peneliti di NCSU kurun 1992 hingga 1994.Karir politik praktis Yasonna dimulai saat terlibat dalam kepengurusan PDIP sumatera Utara.

Kurun 2002 hingga 2005 Yasonna menjabat Kepala Badan Diklat Daerah PDIP Sumatera Utara. Kemudian dirinya juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara.

Yasonna juga memiliki kiprah di bidang organisasi. Yasonna Laoly tercatat pernah berkiprah di BPC GMKI Medan dan KNPI Medan.  Yasonna pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara KNPI Medan di tahun 1983.

BACA JUGA:KKB Papua Minggir ! Ini Bukti Kekompakan TNI dengan Warga di Papua

Karir politik praktis Yasonna Laoly di legislatif dimulai saat terpilih sebagai anggota DPRD Sumatera Utara kurun 1999 hingga 2004.

Kemudian sejak 2004 hingga 2014 Yasonna terpilih sebagai anggota DPR RI dari PDIP dapil Sumatera Utara I.

Di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2014 Yasonna Laoly ditunjuk untuk menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM RI.

Nama Yasonna Laoly kembali menjadi pilihan utama Presiden Joko Widodo pada periode kedua kepemimpinannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: wikipedia