Iklan Bos Aca Header Detail

Apa Saja Peristiwa yang Menjadi Tanda-tanda Kiamat Kubra?

Apa Saja Peristiwa yang Menjadi Tanda-tanda Kiamat Kubra?

Sejumlah peristiwa menjadi urutan tanda-tanda kiamat. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM --

BACA JUGA: Ngeri, Ini Tanda-Tanda Kiamat yang Diperingatkan Rasulullah SAW, Termasuk Kemunculan Imam Mahdi

Hal ini sesuai dengan yang sudah disebutkan dalam Al Quran Surat Al Aʽrāf ayat 187, ketika Nabi Muhammad SAW ditanya kapan akan terjadinya kiamat.

Artinya, “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.’”   

Karena itu, cara bijak memahami serta mempertemukan hadis-hadis terkait kiamat yang berbeda-beda adalah dengan meninjau maksud nabi (maqasidi) saat menyebutkan tanda-tanda kiamat tersebut kepada para sahabat.   

Ketika itu para sahabat masih bertanya-tanya tentang kebenaran adanya hari kiamat

BACA JUGA: Kapolres Mesuji Sampaikan Pesan tentang Hari Kiamat

Lantas Nabi Muhammad SAW menjawab dengan menyebutkan tanda-tanda kiamat yang bertujuan agar para sahabat tidak menghabiskan waktunya dengan selalu memikirkan kiamat.   

Selain itu, ketidakpastian terhadap tanda-tanda kiamat yang ada dalam hadis ini menjadi penguat bahwasannya kiamat itu memang ada.

Hal ini bertujuan agar seluruh mukmin selalu beribadah tanpa mengenal waktu. 

Kalau kiamat dan tanda-tanda kiamat tersebut sudah jelas, nantinya setiap orang bakal mengesampingkan ibadah dan cuma beribadah saat mendekati kiamat. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: