Ily Mengaku Terkena Bipolar, Penyakti Seperti Apakah?

Ily Mengaku Terkena Bipolar, Penyakti Seperti Apakah?

Bagaimana Ciri-ciri Bipolar-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dalam video poadcast di kanal Youtube Nexera Entertainment salah satu bintang tamu yang disebut Namanya yaitu Ily mengaku bahwa dirinya terkena bipolar dari umur 16 tahun.

“Emang aku dari umur 16 tahun udah bipolar,bipolar beneran ya bukannya bipolar yang akut katanya bipolar beneran” Ucap bintang tama tersebut.

Apakah Bipolar itu?

Bipolar disorder, atau yang juga dikenal sebagai gangguan bipolar, adalah jenis gangguan mental yang mempengaruhi suasana hati atau mood seseorang. 

BACA JUGA:Alumni Voting Mazhab Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Hasilnya?

Gangguan ini disebut bipolar karena penderitanya dapat mengalami dua kondisi perasaan yang sangat berbeda, yaitu episode manik dan episode depresif. 

Episode manik merupakan periode di mana penderita mengalami perasaan yang tinggi, seperti menjadi lebih humoris, bersemangat, cerdas, dan sangat termotivasi. 

Pada sisi lain, episode depresif ditandai dengan perasaan rendah diri yang sangat dalam, sehingga penderita merasa tidak berharga.

Bipolar disorder dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang, termasuk pekerjaan, hubungan sosial, dan kesehatan fisik. 

BACA JUGA:Ternyata, Tanaman Ini Bisa Menjadi Ramuan Herbal Atasi Batuk Pilek

Beberapa gejala bipolar disorder meliputi perubahan siklus tidur, perubahan nafsu makan, sulit berkonsentrasi, mudah marah atau gelisah, dan berpikir untuk bunuh diri.

Menurut laporan WHO pada tahun 2016, terdapat sekitar 60 juta orang yang menderita bipolar disorder di seluruh dunia, dan angka ini terus meningkat setiap tahun. 

Di Indonesia, menurut data dari Institute for Health Metrics and Evaluation pada tahun 2017, bipolar disorder menempati peringkat kelima terbesar dalam hal jumlah penderitanya.

Bipolar disorder dapat diobati melalui terapi obat dan terapi psikologis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: