Kabar Baik, Ruas Jalan Menuju Dusun Talang Gunung Mesuji Akan Dibangun

 Kabar Baik, Ruas Jalan Menuju Dusun Talang Gunung Mesuji Akan Dibangun

Jalan Dusun Talang Gunung yang akan dibangun. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perumahan dan Kawasan pemukiman (Disperkim) Kabupaten Mesuji ukur Kawasan Hutan Register 45 untuk dibangun ruas jalan menuju Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji. Usai diukur, Perkim Mesuji akan sampaikan hasilnya ke Tim Terpadu Provinsi bentukan Kementrian Kehutanan.

Kepala Bidang Pertanahan, Disperkim Mesuji, Putrawan, menerangkan jika tim terpadu yang dibentuk melalui SK 6999/MENLHK-PKTL/PPKH/PLA.2/9/2022 berisikan Unila, Dishut Provinsi, juga Kementrian Kehutanan.

"Kami telah ukur panjang jalan yang dibutuhkan yakni 14 Km dengan lebar 15 meter. Karena selama ini Talang Gunung tak miliki akses jalan yang legal," jelas Putrawan.

BACA JUGA:Tulang Bawang Salurkan Bansos Untuk 32.434 KPM, Catat Tanggalnya

Jika sudah di legalisasi, lanjut Putrawan, pemerintah bisa kucurkan anggaran untuk pembangunan tuas jalan tersebut.

"Selain ruas jalan untuk Talang Gunung, kami juga usulkan untuk Fasilitas Umum, Tugu Tani, Eks Pos Brimob, dan Terminal yang terletak di Kecamatan Simpang Pematang," lanjut dia. 

Berkas ini, masih kata dia, minggu depan alam di ajukan ke tim terbantu bentukan kementrian kehutanan tersebut. 

BACA JUGA:Teknik Elektro Teknokrat dan Kementerian ESDM Jalin Kerjasama Siapkan Kurikulum EBT

"Saat ini, Dusun Talang Gunung dikelilingi oleh Kawasan Hutan Register 45. Untuk itu perlu ada regulasi yang jelas untuk membangun infrastruktur berupa jalan yang memang selama ini tidak dimiliki oleh warga Talang Gunung," tukasnya. 

Disisi lain, Nas, warga Talang Gunung mengaku jika selama ini masyarakat memanfaatkan ruas jalan yang dibuat secara mandiri dan alakadarnya. 

"Jika hujan, kami sulit untuk keluar dusun karena jalan sangat rusak. Karena memang tidak ada jalan ke dusun kami, padahal kami adalah penduduk resmi," tuturnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: