Mengenal Kuda-kuda Kesayangan Rasulullah SAW

Mengenal Kuda-kuda Kesayangan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW memiliki sejumlah kuda. Hewan-hewan tersebut digunakan dalam perjalanan maupun peperangan.ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sejak dulu, kuda tak hanya dijadikan sebagai alat transportasi tapi juga sebagai salah satu alat perang.

Pada masa itu keberadaan kuda menjadi sangat penting untuk membantu dalam perang, dengan tujuan perjalanan dapat ditempuh lebih cepat.

Perjalanan dengan menggunakan kuda ini dinilai lebih cepat pada saat itu, karena bisa memangkas waktu sehingga efisiensinya lebih terjaga.

Selain itu menggunakan kuda sebagai alat transportasi juga akan memudahkan pengendaranya melewati jalanan yang tak semulus sekarang.

BACA JUGA: Masya Allah! Dengan Doa Ini Hutang Bisa Cepat Lunas

Kita tentunya tak bisa lantas membandingkan kondisi jalan antara pada masa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, dengan masa kini yang sudah mulus sebab dipoles aspal.

Di zaman Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, selain unta dan keledai. Kuda dapat digunakan dengan sangat baik sebagai keperluan misi dalam perang.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan At-Tirmidzi dari jalur Abu Qatadah, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam disebut pernah menekankan betapa pentingnya keberadaan kuda pada masa itu.

Keberadaan kuda pun hanya akan menjadi penting apabila hewan itu mau menderita hingga lecet, atau bahkan cedera demi melindungi penunggangnya dalam keadaan berbahaya.

BACA JUGA: Doa Pagi yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

“Kuda terbaik adalah ia yang paling menderita, lecet, sakit dan memiliki cedera. Jika kuda itu tidak bersikukuh, maka aku akan mati karenanya,”.

Sementara itu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam diketahui memiliki kuda sebanyak 23 ekor.

Jumlah tersebut disampaikan oleh Ahmad bin Ali Taqi al-Din al Maqrizi melalui kitabnya yang bertajuk ‘Imta al-Asma bi ma lil-Nabi min al-Ahwal wa al-Amwal wa al-Hafadah wa al-Mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: