Wisuda 1.040 Lulusan, Rektor Paparkan Capaian Prestasi Gemilang UBL

Wisuda 1.040 Lulusan, Rektor Paparkan Capaian Prestasi Gemilang UBL

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 1.040 mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) mengikuti Rapat Senat Terbuka kegiatan Yudisium dan Wisuda periode Genap Tahun Ajaran 2022/2023 di Convention Hall Mahligai Agung UBL, Rabu 24 Mei 2023. 

Adapun lulusan tersebut terdiri dari program Sarjana sebanyak 641 orang dan program Pascasarjana sebanyak 399 orang.

Kegiatan yudisium dan wisuda tersebut dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar M.Sc. 

Turut hadir pula Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL) Dra, Hj. Sri Hayati Barusman bersama jajaran pengurus lainnya dan Ketua Ikatan Keluarga Besar (IKB) UBL Desi Falena Yusuf Barusman S.E. 

Rektor UBL, Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA dalam pidatonya menyampaikan rasa bangga kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang berhasil mendapatkan gelar baru dari UBL sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi yang telah diraih. 

"Capaian akademik ini tidaklah mudah, merupakan hasil dari jerih payah, kesabaran dan ketabahan serta dukungan moral dan doa dari segenap keluarga dan kerabat. Ini adalah starting point atau titik awal untuk anda berkiprah di masyarakat dengan cara terus menerus belajar dalam rangka mengembangkan diri, sehingga lebih bernilai untuk hidup dan kehidupan,” pesan Yusuf. 

Yusuf menambahkan, di usia yang sudah mencapai 50 tahun, UBL selama 4 tahun berturut turut, sejak tahun 2019-2022 dinobatkan sebagai Universitas Terbaik (Peringkat 1) di lingkungan LLDikti Wilayah II yang meliputi wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung. 

UBL juga mendapatkan Penghargaan Nasional Terbaik I dan III dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia selama 2 tahun berturut turut dalam rangka menerapkan pelaksanaan Peraturan Presiden R.I No. 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN). 

Perguruan tinggi swasta ini juga dilengkapi dengan prodi terakreditasi A terbanyak di lingkungan LLDikti Wilayah II.

Di antaranya 4 prodi sarjana masing masing Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Administrasi Publik dan 1 prodi Magister Manajemen. 

Sementara itu, dalam klaster penelitian, UBL sudah masuk penelitian kelas Utama, dengan lebih dari 200 penelitian hibah Dikti, 5 jurnal terakreditasi SINTA, 3000 publikasi baik nasional maupun internasional dan konferensi internasional yang diadakan seperti ICETD, Icon-LBG, IMCOSS, ICEL, dan ICEBFG. 

UBL juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional dan berfokus pada penciptaan inovasi berbasis research yang bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan. 

"Bentuk kontribusi UBL terhadap pembangunan daerah seperti: Kartu Petani Berjaya, Edsy (Education System) dan berbagai inovasi yang dihasilkan dari kerjasama dengan instansi tingkat nasional seperti Batan, PT. Krakatau Baja Konstruksi, PT. Pindad dan lain lain," paparnya. 

UBL juga berhasil menerima dana hibah terbanyak dengan meloloskan 9 penelitian Matching Fund yaitu program dari Kemdikbudristek Republik Indonesia sebagai penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara akademisi dengan pihak Industri untuk Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat pada tahun 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: