Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Allah Masuk Surga

Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Allah Masuk Surga

Salah satu tanda-tanda kiamat adalah turunnya Nabi Isa AS. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dalam menyebarkan agama Islam, Rasulullah Muhammad SAW dibantu dengan para sahabat di masa-masa kenabian. 

Karenanya status para sahabat adalah orang-orang yang mulia. Dari ribuan sahabat nabi, ada 10 orang sahabat yang dijamin oleh Nabi Muhammad masuk surga

Hal itu disampaikan dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Auf. 

أبو بكر في الجنة، وعمر في الجنة وعثمان في الجنة، وعلي في الجنة، وطلحة في الجنة، والزبير في الجنة، وعبد الرحمن بن عوف في الجنة، وسعد بن أبي وقاص في الجنة، وسعيد بن زيد في الجنة، وأبو عبيدة بن الجراح في الجنة

Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’ad bin Abi Waqqas di surga, Sa’id bin Zaid di surga, Abu Ubaidah bin al-Jarrah di surga. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan An-Nasai).

BACA JUGA:Ketahuilah! Ini Nama-nama Keturunan Iblis dan Tugasnya

Jika Allah Subhannahu Wa Ta'ala menjamin mereka masuk surga, tentu, banyak keutamaan mereka yang dilakukan semasa hidupnya dalam membantu menyebarkan agama Islam bersama Nabi Muhammad SAW. 

Diharapkan sosok mereka bisa menjadi teladan bagi umat Islam di seluruh dunia sehingga bisa selamat dari dunia dan akhirat. 

Berikut ini 10 sosok sahabat Nabi Muhammad SAW yang telah dijamin Allah masuk ke dalam surganya. Mereka terdiri dari sahabat dari golongan Muhajirin dan Anshar. 

1. Abu Bakar Ash-Shidiq

Abu Bakar sangat setia kepada Nabi Muhammad SAW. Bahkan Abu Bakar termasuk sahabat yang pertama kali mengakui kenabian Nabi Muhammad SAW. 

BACA JUGA:JCH Tubaba Belum Ada Jadwal Keberangkatan, Ini Info Terbarunya

Di saat itu, banyak penduduk Mekkah di zaman jahiliyah tidak percaya bila Muhammad adalah seorang nabi. Tetapi tidak dengan Abu Bakar, ia langsung percaya dengan kenabian Nabi Muhammad SAW. 

Bahkan saat Nabi Muhammad dikejar-kejar oleh kaum kafir Quraisy, Abu Bakar melindungi Nabi Muhammad ke dalam goa Tsur dari kejaran kafir Quraisy yang hendak membunuh nabi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: