Iklan Bos Aca Header Detail

Sering Dianggap Sepele, Hal Ini Ternyata Menimbulkan Dosa

Sering Dianggap Sepele, Hal Ini Ternyata Menimbulkan Dosa

Membicarakan keburukan orang lain atau ghibah termasuk perbuatan sepele yang dapat menimbulkan dosa bagi pelakunya. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY--

BACA JUGA:Diutus Sebagai Pembawa Pesan Kiamat Hingga Bisa Berbicara dengan Manusia, Hewan Apa?

Padahal dalam Islam, ghibab atau menggunjing termasuk dalam dosa besar dan haram hukumnya bagi seseorang untuk melakukan itu.

Ghibah atau menggunjing berarti menyebutkan keburukan orang lain di saat orang yang dibicarakan tak ada dalam pembicaraan tersebut.

Perbuatan itu diharamkan lantaran membeberkan aib orang lain, menirukan tingkah laku atau bahkan gerak tertentu yang dipergunjingkan olehnya.

Ghibah digambarkan sebagai sesuatu yang kotor dan menjijikan sehingga akan lebih baik jika kita menjauhkan diri dari hal itu.

BACA JUGA:Jadi Tanda-tanda Kiamat, Ini Penyebab Danau Tiberias di Israel Mengering

Selain itu, ada juga perbuatan riya’ yang mana seseorang menampakkan ibadah dengan maksud ingin dilihat orang lain.

Apabila seseorang melakukan amalan karena ingin dilihat oleh manusia lainnya. Maka ibadahnya berarti tidak ikhlas karena Allah.

Padahal balasan murni dari beribadah yang sungguh-sungguh adalah dari Allah, bukan dari pandanan, sanjungan atau bahkan pujian manusia lainnya.

Penjelasan tentang larangan melakukan perbuatan riya’ itu dituangkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 264, yang artinya:

BACA JUGA:Tugas Dabbah, Hewan Melata yang Akan Muncul Menjelang Hari Kiamat

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya’ (pamer) kepada manusia dan tidak beriman kepada Allah dan hari akhir,”.

“Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi,”.

“Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir,”.

Lalu ada beberapa kasus lain yang bisa kita amati sebab banyak terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: