8 Rekomendasi Makanan Khas Asal Jawa Timur yang Perlu Kamu Ketahui

 8 Rekomendasi Makanan Khas Asal Jawa Timur yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber foto Wikipedia Makanan khas Jawa Timur Rawon yang sangat sedap--

2. Rawon

Salah satu makanan khas Jawa Timur ini dikenal dengan kuah hitamnya. Kuah hitam pada rawon didapat dari bahan rempah khas Jawa Timur, yaitu kluwek.

BACA JUGA:10 Pemain Asal Asia dengan Bayaran Termahal, Siapa Saja Mereka?

Makanan khas rawon menjadi raja kuliner saat berkunjung ke Jawa Timur. Sebab, jika berkunjung ke Jawa Timur tanpa mencoba rawon, rasanya tidak lengkap.

Rawon memiliki cita rasa yang gurih. Dan cocok sekali disantap dengan nasi putih, kerupuk, dan lauk pelengkap seperti telur asin.

3. Soto

Soto bisa ditemukan di mana saja di Jawa Timur. Tetapi masing-masing daerah di Jawa Timur memiliki ciri khasnya sendiri.

Seperti soto Lamongan. Soto Lamongan memiliki cita rasa sendiri dengan taburan bubuk koya di atasnya. Bubuk koya biasanya dibuat dari kerupuk udang, dan bawang putih yang dihaluskan.

BACA JUGA:Rekomendasi Jam Tangan Rolex untuk Wanita

Kemudian, soto Jombang yang memiliki khas kuahnya itu tak terlalu kental. Lalu, soto Madura yang populer dengan lauk daging. 

4. Tahu Tek

Makanan khas Jawa Timur ini berbahan dasar tahu sesuai dengan namanya. Tahu akan dicampur dengan kentang, lontong, tauge, acar, dan disiram dengan bumbu kacang petis yang sedap. Akan semakin nikmat ditambah topping telur di atasnya.

5. Nasi Krawu

Salah satu makanan khas asal Jawa Timur yang sedap berikutnya nasi krawu. Nasi krawu berasal dari Gresik. 

Nasi krawu disajikan dengan menggunakan daun pisang. Di dalamnya ada daging sapi, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng. Cocok sekali dengan anda pencinta pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: