20 Cemilan khas Sumatera Barat, Buah Tangan untuk Sanak Keluarga di Rantau

20 Cemilan khas Sumatera Barat, Buah Tangan untuk Sanak Keluarga di Rantau

Bareh Randang salah satu cemilan khas Sumatera Barat yang bisa jadi buah tangan Uda Uni untuk sanak keluarga di Rantau. Foto Instagram @bareh_randang_sakotoga--

Makanan khas Sumatera Barat berbahan dasar daun singkong  dengan bumbu rempah khas Padang sehingga memiliki cita rasa khas pada cemilan dendeng daun singkong. 

15. Dakak - Dakak

Dakak dakak merupakan cemilan khas Sumatera Barat terbuat dari tepung beras dicampur dengan bumbu bumbu hingga rasanya gurih dan kriuk kriuk  apabila dimakan. 

16. Karupuak Lento

Karupuak Lento merupakan Cemilan gurih khas kota Payakumbuh yang terbuat dari ibu singkong yang hitam yang berkualitas dengan airnya sudah diperas sehingga getah dibuang lalu diolah dengan bumbu rempah khas. 

17. Karupuak Cancang

Karupuak Cancang berbahan dasar singkong yang dipotong dadu, dicampur bumbu terutama kunyit halus yang menghasilkan warna kuning cerah alami nan menggugah selera.

BACA JUGA:Tahun Ini, Calon Jamaah Haji asal Metro Ada yang Termuda, Ini Usianya

18. Karupuak Katam

Karupuak Katam (Karupuak roda) merupakan cemilan khas Sumatera Barat terbuat dari singkong dan kerupuk ini berwarna kuning karena diberi kunyit adonannya.

19. Karupuak Sarang balam

Kue manis yang garing ini terbuat dari ibu jalar yang dipotong kecil kecil menyerupai sarang burung dipotong sedemikian rupa seperti korek api kemudian digoreng lalu dicampur dengan gula merah yang sudah dilelehkan.

20. Kue kareh kareh (serabut)

Kue kareh kareh bukan berarti kue keras, ya ! Melainkan memiliki rasa yang sangat empuk dan renyah terbuat dari tepung beras dan gula merah.

Bentuknya bulat besar menyerupai akar serabut yang digulung. Cemilan ini dijumpai di beberapa daerah di Sumatera Barat antara lain Padang, Solok, Pariaman dan Batusangkar dengan nama yang berbeda beda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: