Jembatan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Lampung Bawa Jenazah Seberangi Sungai

Jembatan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Lampung Bawa Jenazah Seberangi Sungai

Puluhan Tahun Harus Seberangi Sungai Bawa Keranda Jenazah, Jembatan Way Pemerihan Mendesak Dibangun--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sudah beberapa tahun jembatan yang ada sungai way pemerihan belum diperbaiki, warga sekitar mengantarkan jenazah menyeberangi sungai.

Warga yang membawa jenazah menyeberangi sungai yakni masyarakat Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Warg berharap mengharapkan kepada Pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk dapat membangun jembatan di sungai Way Pemerihan yang menghubungkan ke lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pekon setempat.

Sebab, dengan belum memiliki jembatan untuk menyeberangi sungai di wilayah tersebut, hingga kini masyarakat setempat harus terpaksa menyeberangi sungai dengan berjalan kaki.

BACA JUGA:Dampak Buruk Memakai Kipas Angin saat Tidur, Nomor 3 Bisa Bikin Nyeri Otot

Bahkan, menggunakan rakit terutama saat hendak membawa jenazah untuk dimakamkan menuju lokasi di TPU yang sudah sejak puluhan tahun lalu.

Peratin Pemerihan, Subantoro mengatakan, belum lama ini, atau sekitar Februari 2023 lalu, ada warga setempat yang meninggal dunia dan dimakamkan dilokasi TPU di Pekon ini yang memang berada di wilayah kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Sebab, lokasi TPU itu sudah ada sejak puluhan tahun lalu, bahkan sudah ada ribuan orang yang dimakamkan dilokasi tersebut.

"Saat itu warga membawa jenazah dengan menggunakan keranda menuju TPU tersebut. Kondisi sungai Way Pemerihan ketika itu juga memang dalam keadaan surut, sehingga bisa diseberangi dengan berjalan kaki," katanya, Selasa 6 Juni 2023.

BACA JUGA:Traffic Light di Kotaagung Belum Juga Menyala, Kondisi Lalu lintas Jadi begini

Menurutnya, warga terpaksa menyeberangi sungai untuk menggotong keranda jenazah menuju TPU. Sebab, tidak ada jembatan dilokasi itu.

Kondisi ini sudah cukup lama. Bahkan, jika arus sungai banjir atau kondisi sungai sedang tidak surut dan ada warga yang meninggal, maka warga membawa jenazah menuju TPU itu harus menggunakan rakit penyeberangan.

"Tentunya dengan belum adanya jembatan penyeberangan menuju lokasi TPU di Pekon ini jelas sangat menyulitkan masyarakat setempat," jelasnya.

Masih kata dia, sebelumnya pihaknya juga telah mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Lampung, agar di lokasi itu bisa segera dibangun jembatan permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: