Keindahan Alam yang Dimiliki Pulau Legundi, Siap menjadi Desa Wisata

Keindahan Alam yang Dimiliki Pulau Legundi, Siap menjadi Desa Wisata

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unila melakukan diskusi dengan masyarakat yang ada di desa Legundi--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Keindahan alam yang dimiliki oleh Desa Legundi, menjadi daya tarik tersendiri, sehingga Desa Legundi siap menjadi desa wisata.

Tak hanya keunggulan keindahan alam yang memesona, namun juga panorama jajaran bagan-bagan dan kapal ikan sepanjang pintu masuk pulau, menjadi daya tarik yang mampu memanjakan mata pengunjung yang datang.

Namun, sangat disayangkan keterbatasan listrik, ketiadaan provider yang mampu menjaga sinyal komunikasi tetap hidup, serta infrastruktur lainnya, menjadi kendala terbesar untuk menjadikan pulau ini menjadi daerah tujuan wisata.

Padahal, dengan semua keunggulannya, Desa Pulau Legundi berpotensi besar dikembangkan menjadi Desa Wisata unggulan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Personel Polres Pringsewu Amankan Anak Nongkrong Sambil Minum Miras

Hal tersebut terungkap dalam diskusi antara akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Lampung, Prof Dr. Satria Bangsawan, Prof Dr. Mahrinasari MS,  bersama Kepala Desa Legundi, Ahmad Zulkhoidir bersama jajarannya, Sabtu, 10 Juni 2023.

Diskusi tersebut, dilaksanakan dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unila. Kegiatannya, bertempat di Balai Desa Legundi dengan dihadiri puluhan warga yang ada di sekitar Desa Legundi.

Ketua Tim Kegiatan, Prof. Satria Bangsawan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di desa Legundi ini, merupakan pelatihan pembuatan digital content marketing dalam rangka memperkenalkan Desa Legundi sebagai salah satu alternatif wisata desa pinggir pantai kepada masyarakat luas.

Kegiatan ini, dihadiri pula oleh mahasiswa dan alumni Pendidikan Doktoral Ilmu Ekonomi FEB Unila, Novita Sari, Dian Septiana, dan Angga Febrian.

BACA JUGA:Cuma Tahu Ayam Betutu? Ini Makanan Khas Bali yang Recomen untuk Dicoba

"Ini tahun ketiga pengabdian masyarakat yang dilakukan Unila ke Desa Legundi.  Seluruh kegiatannya dilaksanakan oleh tim kami dari FEB Unila. Tujuan dari pelaksanaan Program Pengembangan Desa Wisata di Pulau Legundi ini adalah meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Pulau Legundi Kabupaten Pesawaran," jelas Prof Satria.

Satria menambahkan, desa Legundi, memiliki potensi wisata yang cukup baik, dirinya berupaya melalui Tim PKM akan melakukan mediasi ke pihak-pihak terkait agar memperhatikan Desa Legundi.

Apalagi, jika semua upaya memperkenalkan wisata ke Desa Legundi ini terus dilakukan, maka bukan tak mungkin Kabupaten Pesawaran akan lebih memperhatikan infrastruktur yang ada di Desa Legundi ini. 

"Jika semua infrastruktur di Desa Legundi ini telah diadakan maka dengan keindahan alam dan panoramanya, Desa Legundi siap menjadi next Desa Wisata di Provinsi Lampung," tandas Satria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: