Gempa 4.8 SR Getarkan Pesisir Barat

Gempa 4.8 SR Getarkan Pesisir Barat

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gempa Tektonik berkekuatan 4.8 menggetarkan wilayah Pesisir Barat, Lampung pada Senin, 12 Juni 2023.

Kepala BMKG Wilayah II Hartanto mengatakan, gempa terjadi pada pukul 16.08 WIB. 

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada koordinat 5.84 LS dan 104.07 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 73 km Tenggara Pesisirbarat, Lampung pada kedalaman 39 km," katanya. 

Jenis dan mekanisme gempa bumi, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

BACA JUGA:Daftar Kuliner Jawa Timur yang Top Markotop, Ada juga di Lampung Lho!

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Bengkunat dengan Skala Intensitas III - IV MMI *(Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu - Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbuny," terangnya.

Menurutnya, hingga pukul 16.31 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: