10 Deretan Makanan Khas Sumatera Barat Wajib Dicicipi, Surga Kuliner untuk Masyarakat Lampung

10 Deretan Makanan Khas Sumatera Barat Wajib Dicicipi, Surga Kuliner untuk Masyarakat Lampung

Ampiang Dadiah, salah satu makanan khas Sumatera Barat. Surga Kuliner untuk masyarakat Lampung nih ! . Foto Instagram @ampiangdadiah_niupik--

Pangek Simawang merupakan salah satu makanan khas Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat ini yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Meski bahan dasar Ikan Sasau dari Danau Singkarak, Solok, Sumatera Barat namun masyarakat Batusangkar mengolah dengan citarasa khas sehingga salah satu rekomendasi makanan khas Batusangkar Kabupaten Tanah Datar wajib Kamu cicip ya. 

5. Katupek Pitalah 

Katupek Pitalah atau Ketupat satu ini merupakan makanan khas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Surga Kuliner bagi orang minang atau masyarakat pendatang ingin Katupek Pitalah mesti tahu nih.

BACA JUGA:Berikan Rasa Tenang! Pensiunan PNS Dipastikan Terima Uang Jaminan Rp 6 Juta, Simak Ketentuannya

Bahwa Kuliner ini memiliki ciri khas gulai sayur kental dengan sayuran nangka (Cubadak), rebung, lobak Singgalang dan disajikan dengan kerupuk merah. 

Cocok bagi masyarakat Lampung yang ingin cari sarapan pagi didaerah Sumatera Barat tepatnya diwilayah Kabupaten Tanah Datar.

6. Sate Danguang Danguang

Sate Danguang Danguang berasal di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat ini memiliki ciri khas kuah kental kuning kemerahan dengan bumbu rempah dan pedas yang khas, potongan daging besar, serta disajikan dengan taburan bawang goreng.

7. Gulai Kapalo Lauak (Gulai Kepala Ikan) 

Makanan khas Pariaman Sumatera Barat adalah Gulai Kapalo Lauak. Makanan ikan dengan santan kental dengan taburan cabe rawit.

BACA JUGA:Berikan Rasa Tenang! Pensiunan PNS Dipastikan Terima Uang Jaminan Rp 6 Juta, Simak Ketentuannya

Gulai Kepala Ikan ditempat lain banyak menggunakan ikan tuna atau tongkol. Tetapi bila dijumpai di Pariaman,Gulai Kepala Ikan  menggunakan ikan Kakap, tambahan cabe rawit dan beberapa helai daun pucuk ubi sehingga membuat gulai Kapalo Lauak ini terasa lezat. 

Wah, surga kuliner banget deh masyarakat Lampung jangan lupa cicipi Gulai Kapalo Lauak Kakap di Pariaman ya. Apalagi datang pas makan siang sambil menghadap laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: