8 Jenis Makanan Padat Gizi Bantu Cegah Stunting pada Anak

8 Jenis Makanan Padat Gizi Bantu Cegah Stunting pada Anak

Telur salah satu makanan untuk mencegah stunting. Foto Ruri --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Stunting masih terus menjadi momok di Indonesia. Munculnya Stunting karena kekurangan gizi kronis pada anak. Namun, Stunting dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang padat gizi.

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Biasanya stunting terjadi karena adanya masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jarak waktu panjang. Sehingga mengganggu pertumbuhan pada anak. Berbagai makanan yang bergizi bisa mencegah terjadinya stunting.

Stunting dapat dicegah oleh para orang tua. Salah satunya melalui makanan pencegah stunting yang diberikan kepada anak. 

Makanan pencegah stunting juga beragam, bisa dipilih dari pangan lokal yang terjangkau, dan tentunya kaya akan nutrisi yang bagus untuk anak. Anda harus bisa memvariasikan makanan di kecil agar tidak bosan.

BACA JUGA:Polsek Jabung Lampung Timur Amankan Bandit Curanmor

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan pencegah stunting yang bisa disajikan untuk anak-anak.

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan gizi, dan mudah ditemukan. Telur mengandung protein dan ada kandungan vitamin yang tinggi, dan juga menjadi salah satu sumber kolin paling kaya. 

Asam amino yang terkandung di dalam telur ini juga sangat baik untuk bayi dan ibunya. Namun, telur yang akan dimakan harus dalam keadaan matang untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Dari penelitian yang pernah dilakukan, seorang bayi yang makan telur setiap hari kemungkinan lebih kecil mengalami stunting daripada yang tidak mengonsumsi telur sama sekali. Oleh sebab itu, telur ini salah satu makanan pencegah stunting pada balita yang bagus.

BACA JUGA:Begini Syarat Terbaru Ajukan Pinjaman KUR Puluhan Juta di Bank BNI, Dijamin Prosesnya Mudah!

2. Tempe dan tahu

Tempe dan tahu merupakan sumber protein nabati yang terbuat dari kacang kedelai. Setiap 100 gram tempe mengandung 14 gram protein, untuk tahu mengandung 10,9 gram protein. 

Selain itu, kedua makanan tersebut mengandung zat besi yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh anak. Dimulai untuk memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan energi tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: