Sapi Jenis Simmental Cross asal Kota Metro Dibeli Jokowi, Beratnya Hampir 1 Ton

Sapi Jenis Simmental Cross asal Kota Metro Dibeli Jokowi, Beratnya Hampir 1 Ton

Sapi jenis Simmental Cross yang dibeli Jokowi untuk kurban yang akan dikirimkan ke Mesuji. Foto Ruri--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Menjelang Idul Adha 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi dari peternak di Kelurahan Purwoasri METRO Utara Kota METRO.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi jenis Simmental Cross dari peternak sapi di Metro Utara bernama M Akbarudin, anggota kelompok ternak Damar Wulan di Metro Utara.

Sapi yang dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki berat sekitar 900 kg yang berharga Rp100 juta.

Kabid Pembibitan dan Produksi Ternak Disnakeswan Provinsi Lampung, Pancawati Wahyu mengatakan, sebelum diputuskan untuk membeli sapi dari peternak Metro, dilakukan seleksi yang telah sesuai dengan persyaratan dari Pemerintah Pusat. Antara lain berat badan sapi harus di atas 800 kg, dan sehat untuk dikurban.

BACA JUGA:Mitos Lubang di Pantai Marina dan Kaitannya dengan Jalan Pintas Menuju Pantai Selatan

Namun, beberapa daerah di Provinsi Lampung juga ikut seleksi untuk pemilihan sapi yang akan dibeli oleh Jokowi. Seperti Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Kota Metro, dan Lampung Tengah. Sehingga bisa dipastikan, sapi kurban yang dibeli Jokowi ini sehat secara fisik.

"Kami ambil semua sampel darah dan fesesnya. Hasilnya sapi dari Metro ini yang paling sehat,” ujarnya.

Kepala Biro Kesra Provinsi Lampung, Ria Andari mengatakan, sapi asal Kota Metro tersebut yang telah dibeli Jokowi bakal segera dikirimkan ke Kabupaten Mesuji, tepatnya  Kampung Sritanjung, Kecamatan Tanjung Raya, untuk kurban Idul Adha tahun ini.

“Sebenarnya perayaan ini bergulir, tiap tahun itu dikirimkan ke Kabupaten berbeda. Tahun ini pilihan kita, kita lihat Kabupaten Mesuji telah menjadi Kabupaten yang berkembang dan bergeliat. Dan ini juga sebagai penghargaan untuk masyarakat Mesuji. Masyarakat bisa menikmati bantuan dari bapak presiden kita," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Planet Terpanas di Antariksa, Panasnya Bisa Hancurkan Manusia

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo menyampaikan apresiasinya kepada peternak sapi di Kota Metro yang berhasil mengelola penggemukan sapi. Hal tersebut dibuktikan dengan dipilihnya sapi dari peternak Metro telah dibeli Presiden Jokowi untuk masyarakat Lampung.

“Ya ini membuktikan jika peternakan sapi di Kota Metro sudah mulai diperhitungkan. Dan hari ini sapi Bapak Akbar dari kelompok Damar Wulan Metro diserahkan oleh pak Presiden untuk masyarakat provinsi Lampung,” katanya.

Pihaknya berharap, capaian tersebut bisa menginspirasi peternak yang lain di Metro, supaya dapat mengelola peternakan sapi dengan lebih baik lagi dan menghasilkan sapi dengan kualitas super.

“Semoga kedepannya, kita bisa menjadi yang terbaik lagi. Dan kembali bisa terpilih untuk program Pak Jokowi membantu masyarakat dalam perayaan Idul Adha," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: