Tergigit Hewan Rabies, Begini Pertolongan Pertama Menurut Dinas Kesehatan

Tergigit Hewan Rabies, Begini Pertolongan Pertama Menurut Dinas Kesehatan

Dinas Kesehatan Tulang Bawang-Dokumentasi-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gigitan hewan yang diduga terinfeksi rabies sangat berbahaya bagi manusia.

Bahaya akibat tergigit hewan rabies bahkan bisa menyebabkan kematian.

Meski begitu, terdapat beberapa cara untuk memberikan pertolongan pertama saat tergigit hewan yang diduga terinfeksi rabies.

Kepala Dinas Kesehatan Tulang Bawang Fatoni mengatakan, pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika tergigit atau terkena cakar hewan rabies yakni dengan mencuci bagian yang luka dengan air mengalir.

BACA JUGA:Viral di TikTok Kakam di Tulang Bawang Lampung Diduga Konsumsi Sabu, Polisi pun Bergerak, Ternyata...

Saat dicuci dengan di air mengalir tersebut gunakan juga sabun untuk membersihkannya.

Setelah itu segera berikan cairan desinfektan. Demikian langkah pertolongan awal yang paling cepat jika tergigit dan terkena cakar hewan yang diduga terinfeksi rabies.

"Kemudian segera bawa korban ke Puskesmas terdekat agar mendapatkan penanganan. Tim medis akan segera melakukan tindakan sesuai SOP," kata Fatoni, Rabu 21 Juni 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Tulang Bawang itu melanjutkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya warga yang menjadi korban gigitan atau cakaran hewan rabies.

BACA JUGA:Waduh, Uang Hasil Retribusi Sampah Mengalir ke Sejumlah Pejabat di DLH Bandar Lampung

Meski begitu, untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Tulang Bawang telah meminta bantuan stok vaksin anti rabies ke Pemprov Lampung. 

Pada bagian lain, dikutip Radarlampung.co.id dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah yang harus segera dilakukan jika tergigit atau terkena cakar hewan yang diduga terinfeksi rabies:

1. Cuci luka

Segera bersihkan luka gigitan dengan air mengalir dan sabun secara menyeluruh selama 10-15 menit. Ini membantu mengurangi risiko infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: