7 Keutamaan Hari Jumat Menurut Agama Islam, Umat Muslim Wajib Tahu!

7 Keutamaan Hari Jumat Menurut Agama Islam, Umat Muslim Wajib Tahu!

Tujuh Keistimewaan Hari Jumat Menurut Agama Islam-pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Dalam agama Islam, terdapat berbagai keutamaan yang terkait dengan hari ini. 

Hari Jumat bukan hanya sekedar hari libur atau akhir pekan, melainkan juga memiliki nilai spiritual yang tinggi. 

Ternyata sanga banyak kejadian kejadian besara  dalam agama Islam terjadi di hari Jumat, seperti diantaranya diturunkannya manusia pertama dibumi yaitu Nabi Adam sampai dengan hari akhir yang akan terjadi pada hari Jumat.

Banyaknya berbagai kejadian itu ditambah dengan beragam  karunia dan amalan Allah Swt pada hari jumat kepada hamba-Nya, membuat hari Jumat menjadi hari yang amat mulia.

BACA JUGA:Jadi Wakil Kepala Daerah Terkaya di Lampung, Ini Sumber Harta Kekayaan Wakil Bupati Lampung Utara

Dalam artikel kali ini, radarlampung.co.id  akan menjelajahi 7 keutamaan Hari Jumat menurut ajaran Islam yang harus kamu ketahui.

1. Hari Terbaik dalam Seminggu

Salah satu keutamaan yang paling menonjol dari Hari Jumat adalah bahwa ia dianggap sebagai hari terbaik dalam seminggu. 

Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, di mana Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sebaik-baik hari yang matahari terbit di atasnya adalah hari Jumat. 

Di hari itu, Adam diciptakan, di hari itu ia dimasukkan ke dalam Surga, dan di hari itu ia dikeluarkan dari Surga." Oleh karena itu, Hari Jumat merupakan waktu yang istimewa untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Selain Minyaknya, Inilah Manfaat Ikan Kod yang Jarang Diketahui Banyak Orang

2. Shalat Jumat

Keutamaan kedua yang terkait dengan Hari Jumat adalah pelaksanaan shalat Jumat. Shalat Jumat adalah salah satu ibadah wajib bagi laki-laki Muslim dewasa. 

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sebaik-baik hari yang matahari terbit di atasnya adalah hari Jumat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: