Waduh! Jalan Penghubung Antar Pekon di Kecamatan Kelumbayan Longsor

Waduh! Jalan Penghubung Antar Pekon di Kecamatan Kelumbayan Longsor

Tingginya curah hujan menyebabkan longsornya bahu dan badan jalan tepatnya di Dusun Curup Pantai Paku Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, Minggu 25 Juni 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tingginya curah hujan menyebabkan longsornya bahu dan badan jalan tepatnya di Dusun Curup Pantai Paku Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, Minggu 25 Juni 2023.

Bencana tanah longsor yang hampir menelan seluruh badan jalan Kabupaten tersebut, merupakan jalan penghubung antara Pekon Batu Patah Kecamatan Kelumbayan Barat dan Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan.

Camat Kelumbayan, Derius Putrawan mengatakan,  bencana tanah longsor tersebut terjadi karena tingginya curah hujan yang melanda kecamatan kelumbayan dari malam sampai pada pagi hari dan di tambah posisi jalan yang memang berada di tepi tebing dan curam.

"Adapun dimensi longsoran  panjang sekitar 25 meter dan ketinggian tebing sekitar 30 meter," Kata Derius.

BACA JUGA:Kisah Nabi Ismail yang Rela Disembelih Ayahnya Demi Melaksanakan Perintah Allah

Derius menjelaskan, bahwa dengan kondisi tanah longsor tersebut, maka akses jalan yang menghubungkan antara dua Pekon di dua Kecamatan tersebut menjadi terhambat

"Jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, sehingga masyarakat Pekon Paku dan Pekon Umbar yang ingin keluar ataupun datang melalui Pekon Batu Patah Kecamatan Kelumbayan Barat harus berputar melalui Pekon Napal yang jaraknya lebih jauh," Jelas Derius.

Terkait kejadian bencana  Kami dari pihak Kecamatan dan Uspika, telah mengambil sejumlah langkah.

Diantaranya, Berkoordinasi dengan Uspika dan Kepala Pekon setempat, Mengidentifikasi lokasi dan kondisi bencana, Melaporkan hasil identifikasi kepada BPBD dan Bupati Tanggamus.

BACA JUGA:Sejak 2020, Terjadi Penurunan Peredaran Uang Tunai di Provinsi Lampung

Mensosialisasikan kepada masyarakat pengguna kendaraan roda 4 yang ingin menuju atau dari Pekon Paku dan Umbar, agar sementara tidak melalui jalan yang terkena longsor.

"Namun dapat melalui Pekon Napal, meskipun jarak yang ditempuh lebih jauh, Dan Memasang rambu/papan pengumuman di Simpang Sidoharjo dan Simpang Paku/Umbar, terkait kondisi yang ada," Tutup Derius.

Sementara di tempat terjadinya bencana alam tanah longsor, nampak beberapa personel Polsek Limau Polres Tanggamus, Kakon Paku Zulkarnain serta masyarakat setempat  datang ke lokasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: