Iklan Bos Aca Header Detail

Cek Lokasi Shalat Idul Adha Pj Bupati Tulang Bawang, Puluhan Ekor Hewan Kurban Akan Dipotong Disitu

Cek Lokasi Shalat Idul Adha Pj Bupati Tulang Bawang, Puluhan Ekor Hewan Kurban Akan Dipotong Disitu

Dokumentasi pelaksanaan Sholat Idul Adha di Islamic Center Tulang Bawang-Dinas Kominfo Tulang Bawang-

BACA JUGA:Muhammadiyah Pringsewu Siapkan 27 Lokasi Salat Idul Adha 28 Juni 2023

Berdasarkan hasil pemeriksaan ratusan hewan ternak menjelang Idul Adha 1444 H, semuanya dinyatakan sehat dan layak diperjualbelikan. 

"Di lima kecamatan tersebut totalnya 155 ekor hewan ternak. Alhamdulillah semuanya sehat dan layak dijadikan hewan kurban," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tulang Bawang Nasib Subagio, Kamis 22 Juni 2023.

Nasib menjelaskan, pemeriksaan ratusan hewan ternak menjelang Idul Adha tersebut dilakukan di tingkat lapak penjualan atau pedagang. 

Di Kecamatan Banjar Agung, Banjar Margo, dan Banjar Baru, kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, 25 ekor hewan ternak yang diperiksa sehat dan usianya telah sesuai syariat Islam untuk di kurban kan.

BACA JUGA:DPRD Lamtim Kritisi LPPA Tahun 2022

Tidak hanya itu saja, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam memberikan keamanan dan kesehatan menjelang Idul Adha 1444 H, Dinas Pertanian rutin melaksanakan pengecekan di Pos Lalulintas Ternak setempat.

Nasib juga memberikan tips kepada masyarakat yang hendak membeli ternak untuk dijadikan hewan kurban. 

Menurutnya, masyarakat harus rajin melihat kesehatan hewan. Hal itu dapat dilihat dan dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang dikeluarkan instansinya, Dinas Pertanian.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tulang Bawang itu menambahkan, saat ini di Tulang Bawang telah ada sekitar 50 hewan ternak yang memiliki SKKH. 

"Pemerintah berharap warga membeli hewan kurban yang sudah memiliki SKKH. Sebab hewan ternak yang sudah memiliki SKKH sudah pasti sehat dan layak diperjualbelikan serta aman dikonsumsi," tutupnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: