Kegiatan Pelatihan dan Uji sertifikasi Mahasiswa oleh Balai Jasa Konstruksi Palembang

Kegiatan Pelatihan dan Uji sertifikasi Mahasiswa oleh Balai Jasa Konstruksi Palembang

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) melaksanakan pelatihan dan Uji Sertifikasi Pelaksana Pekerjaan gedung Level 3 dan 4, di kampus setempat, Kamis, 6 Juli 2023.

Universitas Teknokrat Indonesia juga berkolaborasi dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang dan Asosiasi ATAKI sejak 4 Juli 2023.

Kegiatan ini terdiri atas kegiatan pelatihan oleh instruktur yang berasal dari Universitas teknokrat Indonesia yang sudah memiliki sertifikat keahlian Instruktur oleh BNSP sebanyak 4 Dosen pada tanggal 4 Juli 2023 dan prosess Assesment oleh Asesor yang berasal dari LSP ATAKI.

Wakil Dekan Bidang Akademik FTIK UTI Bapak Dr. Si. Dedi Darwis, S.Kom., M.Kom membuka kegiatan tersebut, dihadiri Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang  Danny Suriansyah, S.T., M.T. dengan diikuti 75 Mahasiswa/i yang berasal dari Prodi Teknik Sipil dan Teknik Elektro.

Kata Dedi, mahasiswa yang mengikuti mendapatkan materi mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan dan Komunikasi Proyek oleh Instruktur Novia Utami.

Melaksanakan Pekerjaan Persiapan oleh Instruktur  Galuh Pramita, S.T., M.T., Melaksanakan Pekerjaan Pondasi oleh Instruktur Ibu Ir. Dian Pratiwi, S.T., M.Eng., IPP, Melaksanakan Pekerjaan Struktur oleh Instruktur Ibu Fera Lestari, S.T., M.T.

Materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan dan Komunikasi Proyek membahas tentang bagaimana Menyiapkan perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan.

"Menerapkan ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja, Membuat laporan penerapan ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)  perlengkapan APD (Alat Pelindung Diri) dan APK (Alat Pengaman Kerja) yang harus disiapkan sebelum memulai sebuah proyek, mengidentifikasi potensi bahaya dan cara mengatasi ketika terjadi bahaya kecelakaan kerja di lingkungan proyek," jelas Dedi.

Selain itu, pentingnya komunikasi antara pihak pemilik proyek.

"Tenaga ahli dan pekerja lapangan sangat dibutuhkan untuk saling berkoordinasi agar proyek dapat terlaksana dengan tertib dan disiplin," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor UTI Dr. Mahathir Muhammad berharap apa yang disampaika dalam kegiatan tersebut bisa terserap oleh mahasiswa dan bermanfaat dikemudian hari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: