Waduh, Gajah Masih Berkeliaran di Sekitar Pemukiman Warga

Waduh, Gajah Masih Berkeliaran di Sekitar Pemukiman Warga

Kawanan gajah yang sebelumnya masuk ke perkebunan warga di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, saat ini beralih ke Pekon Margomulyo. ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kawanan gajah masih ada dan berkeliaran di sekitar pemukiman warga.

Ada sekitar belasan gajah liar masih terus  menghantui masyarakat Pekon Suka Marga Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat.

Walaupun gajah itu sempat digiring oleh petugas dan sempat menjauh, namun kawanan gajah kembali mendekati pemukiman warga setempat.

 

Kepala Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Resort Suoh Sulki, S.H., mendampingi Kepala TNBBS Bidang Wilayah II Liwa Amri, S.H, M.Hum., mengatakan, belasan gajah saat ini terpantau di Pemangku Cibitung, berjarak kurang dari 500 meter dari permukiman.

BACA JUGA:Tak Kembalikan Berkas, Partai Gelora Tidak Ada Wakil Rakyat di Lampung Barat

 

"Ya, waktu itu beberapa hari lalu kami sempat melakukan penggiringan, dan lokasi titik terakhir penggiringan sudah cukup jauh, tapi hanya dua hari kawanan gajah kembali ke sekitar Pemangku Cibitung dan dari pantauan kurang dari 500 meter dari permukiman di wilayah itu," ujar Sulki, Senin 10 Juli 2023.

Menurutnya, saat ini, pihaknya masih melakukan pemantauan dan dalam waktu dekat bersama Tim Satgas Penanggulangan Gajah Suoh dan Bandarnegeri Suoh akan kembali melakukan penggiringan dengan harapan kawanan gajah tersebut kembali menjauh.

 

"Kami akan jadwalkan kembali untuk melakukan penggiringan,  untuk saat ini terus dipantau oleh petugas," ucap Sulki.

Dalam pemantauan yang dilakukan, kata dia, juga menemui kendala dan hanya dilakukan pemantauan secara langsung.

BACA JUGA:Akhirnya, Nelayan yang Tenggelam di Way Jambu Ditemukan, Begini Kondisinya

Hal karena GPS Collar yang dipasang pada salah satu gajah tersebut mengalami masalah sehingga tidak bisa dilakukan pemantauan  melalui satelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: