RMD Header Detail

Wagub Lampung Ingatkan OPD Tingkatkan Perhatian Kepada Pelaku UMKM

Wagub Lampung Ingatkan OPD Tingkatkan Perhatian Kepada Pelaku UMKM

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim.---Sumber foto : Biro Adpim.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Wakil Gubenur Lampung Chusnunia Chalim ingatkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk tingkatkan perhatian kepada pelaku UMKM.

Menurut Nunik --sapaan Chusnunia Chalim, pasca berakhirnya masa pandemi Covid-19 pelaku UMKM diharapkan semakin bisa tumbuh dan berkembang kedepan.

Di mana, pasca dicabut status pandemi Covid-19 pelaku UMKM dapat lebih leluasa mengembangkan usahanya.

Begitu juga dengan pemerintah yang bisa melakukan kegiatan untuk menopang pelaku UMKM di Lampung.

"Seperti melakukan pameran, pelatihan, dan lainnya bisa dilakukan secara fisik, tidak seperti sebelumnya yang harus secara hyberid," ujar Nunik saat ditemui di area Pemprov Lampung, Senin 17 Juli 2023.

BACA JUGA:10 Jenis Bambu Petuk Konon Miliki Tuah Mistis, Ada yang Dipercaya Dapat Menarik Lawan Jenis

Nunik mengatakan, di medio 2022 hingga saat ini, kegiatan yang memfasilitasi UMKM seperti pameran di daerah-daerah disambut dengan antusias.

"Antusias sudah sangat kelihatan dari uang beredar yang mencapai miliaran. Tentu itu sangat besar. Tinggal kita dari dinas-dinas terkait memfasilitasinya lebih maksimal lagi," ungkapnya.

Fasilitas yang dapat dilakukan, menurut Nunik seperti akses permodalan untuk semakin membangkitkan dan mengembangkan UMKM.

"Feleksibelitas UMKM terbukti saat Covid-19 relatif paling bertahan. Ini yang harus kita dukung maksimal agar pertumbuhan UMKM bisa lebih total lagi di Lampung," tuturnya.

BACA JUGA:Ciri Khas Masyarakat Suku Lampung Saibatin

Lanjut Nunik, pengembangan UMKM perlu dilakukan dengan kolaborasi bersama sektor lainnya, karena tidak bisa jika hanya dilakukan sendiri.

"Jadi peluang memperbesar UMKM dapat dilakukan dengan memberi fasilitasi permodalan dan memberikan bantuan peralatan," ucapnya.

Jelang pembahasan APBD Perubahan 2023 dan APBD 2024, Chusnunia Chalim mengingatkan kepada OPD terkait untuk memfasilitasi pelaku UMKM dan meningkatkan kemampuan dari pelaku UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: