Melanggar Lalu Lintas, Ribuan Kendaraan di Mesuji Diberi Teguran, Lainnya Ditilang

Melanggar Lalu Lintas, Ribuan Kendaraan di Mesuji Diberi Teguran, Lainnya Ditilang

Gelaran operasi patuh krakatau di Mesuji. Foto dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sejak digelarnya Operasi Patuh Krakatau 2023, jajaran Satlantas Polres Mesuji menegur 1.026 pengendara dan menilang tiga pengendara yang melanggar lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan Kasatlantas Polres Mesuji, Iptu Asep Suhendi jadi memasuki hari ke 11 Operasi Patuh Krakatau 2023, teguran pelanggaran dilakukan pengendara sepeda motor seperti tidak memakai helm.

"Sementara untuk pengendara roda empat, didominasi pelanggaran tidak memakai sabuk pengaman atau Safety belt," kata Iptu Asep Suhendi.

Selain itu menurutnya, setiap Satuan Tugas (Satgas) memiliki peran dan tugas masing-masing, untuk Satgas II Preemtif bertugas memberikan imbauan kepada pengendara dan mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan.

BACA JUGA:Dinas Kominfo Tanggamus Mendapatkan Kunjungan dari JMC IT Consultan

Kemudian sosialisasi keselamatan dalam berkendara, membagikan leaflet, brosur, dan stikter himbauan kepada pengguna jalan, serta melaksanakan pemasangan banner dan baleho.

"Sedangkan Satgas III Preventif bertugas melaksanakan kegiatan pengaturan, penjagaan lalu lintas, dan patroli rutin, dengan sasaran gangguan keamanan kelancaran ketertiban berlalu lintas pada lokasi rawan pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan," ujar Asep Suhendi.

Kemudian Satgas IV Gakkum melaksanakan kegiatan teguran kepada kendaraan sepeda motor, roda empat, maupun roda enam yang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan undang-undang lalu lintas.

Lalu Satgas V Bagian Operasi bertugas menyampaikan informasi kegiatan operasi dan situasi lalu lintas, melaksanakan kegiatan dokumentasi dan publikasi kegiatan kehumasan lainnya, memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi personel yang melaksanakan operasi, hingga penggelaran sarana prasarana untuk mendukung kelancaran operasi dan memberikan bantuan teknis sesuai fungsinya.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Uang Lembur dan Perjalanan Dinas PNS Naik Lagi, Segini Rincian yang Diterima

Dengan Operasi Patuh Krakatau 2023 yang digelar, diharapkan masyarakat semakin sadar tentang aturan berkendara dan selalu tertib dalam berlalu lintas sehingga angka kecelakaan di jalan dapat diminimalisir. Untuk itu agar masyarakat lengkapi surat-surat kendaraan dan patuhi lalu lintas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: