Unila Sumbang Seratus Ribu Lulusan pada Negara

Unila Sumbang Seratus Ribu Lulusan pada Negara

Universitas Lampung (Unila) telah menyumbang seratus ribu lulusan pada negara. Hal ini membuat mereka lebih berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan pada berbagai hal penting. Foto Dok Unila--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) telah menyumbang seratus ribu lulusan pada negara. Hal ini membuat mereka lebih berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan pada berbagai hal penting. 

Diantaranya hal yang berkaitan dengan relevansi kurikulum pendidikan dengan pasar kerja dan penguatan pendidikan karakter. Perbaikan juga akan dilakukan dari sisi manajemen internal, birokrasi, serta suasana pendidikan dan keilmuan di setiap program studi. 

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.,I.P.M., dalam acara Wisuda Program Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma Periode VI Tahun Akademik 2022/2023. 

Dilaksanakan Sabtu, 22 Juli 2023 di Gedung serba Guna (GSG) Unila, pada prosesi kali ini Unila mewisuda sebanyak 1.221 orang, terdiri atas 3 orang lulusan program doktor, 183 orang lulusan program magister, 957 orang lulusan program sarjana dan 78 orang lulusan program diploma. 

BACA JUGA:Suku Mursi, Punya Tradisi Unik Pasang Pelat Piringan di Bibir Sebagai Simbol Kecantikan dan Harga Diri

"Sampai hari ini Unila telah menyumbangkan lulusan kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia sebanyak 128.272 orang," kata Lusmeilia Afriani dihadapan para wisudawan. 

Lusmeilia Afriani melanjutkan, saat ini Universitas Lampung sedang melaksanakan beberapa program untuk mewujudkan cita-citanya menjadi World Class University (WCU). Pihaknya juga terus melakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan sejumlah program studi dan jurusan agar Terakreditasi Internasional. 

Dalam rangka pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Unila terus menginisiasi dan membangun kerja sama dengan berbagai pihak. Diantaranya pemerintah provinsi, Kabupaten/Kota, dunia usaha, serta organisasi profesi. 

Kerja sama tersebut sebagai wujud tanggung jawab keilmuan dan professional Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kontribusinya dalam pembangunan daerah, nasional dan internasional. 

BACA JUGA:10 Universitas Terbaik di Dunia, Didominasi Kampus Eropa dan Amerika

Menurut Lusmeilia Afriani, upaya-upaya peningkatan kualitas pengembangan universitas dan lulusan menunjukkan hasil yang baik, sehingga masyarakat percaya untuk menjalani pendidikan di Universitas Lampung. Ditunjukkan dengan jumlah mahasiswa jalur SNBP 2023 sebanyak 2.121 orang dan mahasiswa jalur SNBT sebanyak 5.348 orang . 

"Unila terus mengupayakan penerapan program MBKM secara konsisten dengan mendorong mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kompetensinya sesuai kebutuhan dan minat. Keberhasilan mahasiswa dan lulusan inilah yang kita harapkan menjadi tujuan akhir dari 8 IKU PTN, bentuk transformasi perguruan tinggi kearah yang lebih baik," ujar Lusmeilia Afriani. 

Lusmeilia Afriani juga membeberkan, hingga saat ini Unila telah meraih berbagai prestasi di bidang akademik. Diantaranya Peringkat 9 Berdasarkan Scimago Institution Rangkings Tahun 2023 dan Peringkat II laporan Keuangan K/L UAPPA-W TA 2022 Kategori Kecil dari DJPb Provinsi Lampung. 

Unila juga pernah meraih Juara 1 Lomba Lagu Daerah, dalam Ajang Lampung Begawi 2023; Juara 1 Lomba Design Busana Muslim, dalam Ajang Lampung Begawi 2023; Juara 1 Lomba tari Kreasi Islami Daerah, dalam Ajang Lampung Begawi 2023; dan Juara 1 Newscasting Competition Brawijaya English Tournament Tingkat Nasional; 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: