Soal Kabar Harga Fantastis Harga Bus Damri dari Stasiun Gambir-Lampung, Berikut Penjelasan PO Damri Lampung

Soal Kabar Harga Fantastis Harga Bus Damri dari Stasiun Gambir-Lampung,  Berikut Penjelasan PO Damri Lampung

Foto Damri : Foto Ilustrasi Damri di Terminal Gambir--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - PO Damri Lampung memberikan penjelasan mengenai surat pembaca tentang Harga Fantastis Bus AKAP Damri dari Stasiun Gambir - Lampung.

Untuk diketahui, Radar Lampung mendapatkan surat pembaca mengenai berisikan "Monopoli PO.Damri trayek bus AKAP Stasiun Gambir (Jakarta) - Lampung" dalam Pelayanan bus di stasiun Gambir Jakarta untuk meneruskan perjalanan menyebrangi Merak-Bakauheni Lampung yang hanya berjarak berkisar 180 km.

Untuk lintasan di jalan rayanya dan menyebrangi lautan sekitar 120 menit dibebani biaya tiket yang sangat fantastis oleh BUMN Damri Rp390 ribu.

Sedangkan dengan kendaraan bus yang sekelas Executive milik swasta murni dari Semarang - Jakarta hanya dikenakan biaya tiket Rp165 ribu yang bisa bayang jarak tempuh yang bisa bayang jarak tempuh km+-290 km.

BACA JUGA:Kejari Mesuji Selidiki Pembangunan Terminal Tipe C yang Dibangun Kemendes

Dimana, cara perhitungan BUMN PO Damri dalam menetapkan tiket dimaksud, trims mohon pencerahan dari pihak direksi.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Manager PO Damri, Parlindungan Sipayung, menyampaikan, Perjalanan Stasiun Gambir ke Lampung itu membutuhkan waktu 325 km dengan estimasi sekitar 8 jam.

Untuk tarif normal bus DAMRI Dari Stasiun Gambir - Lampung atau sebaliknya untuk kelas Bisnis Rp225 ribu, lanjut Parlindungan. 

Sementara untuk weekend dapat surat dari divisi komersil dari pusat bahwa kenaikan terjadi pada weekend dan hari libur sekitar 10 sampai 15 persen. 

BACA JUGA:Siap Dicarikan Ke Rekening! Segini Rincian Gaji Pensiunan PNS yang Diterima

Maka dari itu,  Parlindungan Sipayung menilai ada beberapa kesalahpahaman  dari Surat Pembaca tersebut antara lain, pertama dari jarak tempuh dan estimasi waktu juga salah.

Kedua, membandingkan  Dengan Semarang - Jakarta hanya dikenakan biaya tiket Rp.165 ribu. "Sedangkan kita (Stasiun Gambir-Lampung) membutuhkan biaya penyebrangan lebih tinggi bisa mencapai Rp.1.8 jutaan per bis," ucapnya Parlindungan Sipayung  pada hari Senin, 24 Juli 2023.

Saat menanyakan rencana kenaikan tarif penyebrangan  Bakauheni dan Merak apakah bakal menaikan juga tarif bus DAMRI, Parlindungan Sipayung mengatakan sudah mengetahui informasi rencana kenaikan tarif penyebrangan Bakauheni dan Merak sebesar 5 persen.

Kendati demikian, Parlindungan Sipayung mengatakan biasanya PO Damri menyesuaikan dengan kenaikan tarif penyebrangan karena ada biaya dikeluarkan dari beban operasional akan tetapi sampai saat ini kami belum melakukan rapat koordinasi dengan Petunjuk dari Manajemen Damri di Pusat berapa kenaikan tarif Damri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: