Upacara Minum Teh di Jepang, Berikut Beberapa Hal Penting saat Mengikuti Chado

Upacara Minum Teh di Jepang, Berikut Beberapa Hal Penting saat Mengikuti Chado

Tradisi minum teh di Jepang-Pixabay.com @mirkostoedter-

Dekorasi chashitsu sangat sederhana dan bersifat alami. Tidak ada dekorasi berlebihan atau hiasan yang mencolok, karena Chado menghargai nilai kesederhanaan dan keindahan yang sederhana.

Peralatan Chado, seperti chawan (mangkuk teh), chasen (sendok bambu untuk teh), dan natsume (kotak untuk teh hijau bubuk), diletakkan dengan indah di dalam chashitsu sebagai bagian dari tata letak dan estetika keseluruhan.

BACA JUGA:7 Jenis Kucing Peliharaan yang Berumur Panjang, Ada yang Sampai 20 Tahun

Selain chashitsu, upacara minum teh juga dapat dilakukan di ruang lain yang dirancang dengan cermat untuk mengadakan Chado, seperti di taman, paviliun teh (chashitsu portabel), atau dalam ruang yang dirancang khusus di rumah-rumah tradisional Jepang (ryokan) atau kuil. 

2. Tuan rumah dan tamu

Dalam upacara minum teh, ada tuan rumah (penganjur upacara) dan tamu (para tamu yang diundang).

Tuan rumah memainkan peran penting dalam menyiapkan dan menyajikan teh, sementara tamu menghargai dan menghormati proses dan teh yang disajikan.

Teh hijau bubuk (matcha) disiapkan dengan cermat oleh tuan rumah. Prosesnya melibatkan mengukur teh dengan tepat, menuangkan air panas ke dalam mangkuk, dan mengocok teh dengan sendok bambu khusus (chasen) hingga menghasilkan busa halus di permukaan teh.

BACA JUGA:4 Kucing Asal Thailand yang Terkenal, Cocok sebagai Hewan Peliharaan Kamu di Rumah

Lalu, Tuan rumah akan menyajikan teh secara simbolis kepada masing-masing tamu, yang kemudian menerima dan menikmati teh dengan rasa syukur dan kesederhanaan.

Teh hijau yang disajikan dalam upacara ini memiliki rasa yang khas, pahit, dan kaya akan aroma.

3. Etika dan Tata Krama

Upacara minum teh di Jepang memiliki etika yang sangat penting untuk diikuti oleh tuan rumah (penganjur upacara) dan tamu.

Etika ini mencerminkan rasa sopan santun, rasa hormat, dan kesederhanaan dalam setiap aspek upacara.

BACA JUGA:Kasatnarkoba Polres Lampung Selatan Apakah Akan di PTDH?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: