Wajib Coba! Siaran TV Digital Lancar Tanpa Set Top Box

Wajib Coba! Siaran TV Digital Lancar Tanpa Set Top Box

Daftar STB Resmi Kominfo. Sumber Foto. Png--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah mulai mengalihkan siaran TV analog ke siaran digital. Penghentian siaran TV analog biasa juga dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO). Perlahan tapi pasti saluran-saluran TV analog menghilang secara bertahap. 

Puncaknya terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Mayoritas saluran TV analog tidak bisa lagi diakses. Masyarakat harus menggunakan alat bantu Set Top Box (STB) bila ingin tetap menikmati saluran TV digital

Sebagian masyarakat yang telah menggunakan STB juga terpaksa harus me-reset atau men-scan ulang STB mereka akibat peralihan frekuensi yang terjadi.

Sebenarnya penghentian siaran Tv analog secara serentak telah dilakukan pada 2 November 2022 lalu. Namun, untuk wilayah Sumatera, khususnya Lampung baru diterapkan beberapa pekan terakhir. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 15 Agustus 2023 mendatang berencana memberhentikan seluruh siaran TV analog.

BACA JUGA:KPU Lampung Timur Segera Tetapkan DCS, Ini Jadwalnya

Untuk itu, TV Anda disarankan menggunakan STB agar tetap bisa menangkap siaran digital. Anda juga harus memastikan STB yang digunakan telah bersertifikat Kominfo agar aman dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selain menggunakan STB, sebenarnya Anda juga bisa mencoba men-setting TV analog ke digital tanpa STB. Namun mayoritas masyarakat belum mengetahui caranya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan apakah perangkat TV Anda kompatibel atau tidak untuk menangkap sinyal siaran digital.

Guna memastikannya, Anda bisa mengecek melalui situs resmi Kominfo. Caranya adalah dengan membuka situs siarandigital.kominfo.go.id pada browser Anda. Kemudian pilih menu ‘Perangkat TV Digital’ pada laman tersebut. Lalu klik menu “Televisi”. Nanti akan muncul sejumlah daftar televisi yang mendukung atau menangkap siaran digital.

BACA JUGA:Mantap, Tingkat Kemiskinan di Provinsi Lampung Terus Berkurang, Ini Data BPS Terbaru 2023

Di antaranya, Samsung QA55Q70TAKXXD, Samsung QA55Q80TAKXXD, dan Samsung QA55QN85AAKXXD. Kemudian, merek PANASONIC TH-32H400G, PANASONIC TH-43H400G, dan PANASONIC TH-43HX600G. Selain itu ada pula LG 43NANO755SQA, LG 55QNED80SQA, MITO 3255, dan MITO 5011. Serta masih banyak lagi merek TV lainnya.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan Smart TV yang telah terkoneksi dengan jaringan internet. Dengan Smart TV ini, Anda juga bisa menikmati aplikasi lainnya, seperti YouTube, Netflix, dan aplikasi hiburan lainnya.

Smart TV ini sebenarnya hamper sama dengan computer. Bedanya, aplikasi di dalam TV jenis ini tidak bisa di-upgrade seperti aplikasi di perangkat TV Android.

Namun tidak semua Smart TV bisa mengakses siaran TV digital. Karena itu, untuk memastikannya, Anda harus lebih dulu memeriksanya di laman Kominfo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: