Tummy Time Baik Untuk Bayi, Ini Manfaat Hingga Cara Melakukannya

Tummy Time Baik Untuk Bayi, Ini Manfaat Hingga Cara Melakukannya

Sumber foto Halodoc--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tummy time, saat ini menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bunda bersama si kecil. Bahkan bisa dilakukan sejak si kecil baru lahir.

Namun, belum banyak yang tahu jika Tummy time ternyata memiliki banyak manfaat buat si kecil. Di kutip dari berbagai sumber, tummy time menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh di lewatkan.

Tummy time merupakan kegiatan latihan bayi dalam posisi tengkurap. Bahkan bayi baru lahir juga disarankan untuk memulai melakukan tummy time.

Kegiatan ini disebut baik untuk bayi karena dalam posisi ini bayi dilatih untuk mengembangkan otot-otot ditubuhnya bahkan dapat membantunya meningkatkan perkembangan diusianya.

BACA JUGA:8 Artis Indonesia yang Berulang Tahun Pada 17 Agustus

Mulai dari otot leher, otot dada, otot bahu hingga lengan. Manfaat lainnya ialah bisa membantu menjaga keseimbangan bayi. Terutama saat mulai berguling, merangkak, duduk hingga berjalan.

Manfaat lainnya dari gerakan tummy time ini juga bisa membantu si kecil dalam mengontrol gerakan kepalanya.

Sehingga ketika otot leher nya cukup kuat dapat membantunya menggerakkan kepalanya.

Selain itu, tummy time juga melatih keterampilan motorik kasar pada bayi. Kemudian menguatkan otot leher, mencegah kepala bayi peyang hingga dapat mengurangi perut kembung pada bayi.

BACA JUGA:Sinyal Set Top Box Menghilang? Jangan Panik, Ini Caranya Agar Setelan STB Jernih Kembali

Dalam penerapannya juga cukup mudah, yaitu dengan memposisikan si kecil pada tempat yang datar atau rata.

Pastikan tempat tersebut sudah bersih, empuk dan lembut untuk bayi ya bunda.

Kemudian posisikan posisi bayi dalam posisi tengkurap. Saat bayi mulai mencoba mengangkat kepalanya, bunda bisa membantunya dengan mengajak bercanda, berbicara, bermain hingga melihat beberapa buku.

Latihan ini bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari, durasinya bisa mengikuti usia bayi. Mulai awal 3 menit, bahkan bisa mencapai 20 menit seharinya saat usianya sudah 4 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: