Maju Pilkades, 78 Kepala Desa Lampung Timur Terima Surat Keterangan AMJ

Maju Pilkades, 78 Kepala Desa Lampung Timur Terima Surat Keterangan AMJ

Sebanyak 112 kepala desa di Kabupaten Lampung Timur akhir mengakhiri masa jabatannya pada 31 Desember 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 112 kepala desa di Kabupaten Lampung Timur akhir mengakhiri masa jabatannya pada 31 Desember 2023.

Dari jumlah tersebut, 78 di antaranya akan maju lagi pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 30 Oktober 2023 mendatang.

Ke 78 kepala desa yang akan maju lagi tersebut menerima surat keterangan akhir masa jabatan (AMJ) dari Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo, Selasa 8 Agustus 2023.

"Penyerahan surat keterangan terhadap 78 kades ini didahulukan karena meraka akan maju lagi. Sedangkan, penyerahan keterangan akhir masa 34 kades yang tidak maju lagi akan dilaksanakan pekan depan," jelas M.Dawam pada acara yang dilaksanakan di Aula Sekretariat Kabupaten Lamtim.

BACA JUGA:TikToker Oklin Dikecam Netizen, Unggah Video yang Tak Senonoh

Dalam kesempatan yang sama M.Dawam berpesan kepada para camat agar memberikan pembinaan terhadap kepala desa atau calon kades. Itu agar pemerintahan di tingkat Desa berjalan dengan lancar.

"Menjelang tahun politik camat dan kepala desa harus turut serta menyukseskan dan menciptakan kondisi yang baik sehingga pelaksanaan Pilkades dan Pileg dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman," pesan Dawam.

Sementara Inspektur Inspektorat Kabupaten Lampung Timur Ahmad Zainuddin mengatakan, laporan Akhir Masa Jabatan (AMJ) wajib dilakukan semua kepala desa yang akan mengakhiri masa jabatan.

Menurutnya, laporan tersebut meliputi Dana Desa. Misalnya,  seberapa jauh dilaksanakan, kemudian aset desa sejak mereka dilantik sampai menjelang AMJ sepeti tanah bengkok.

BACA JUGA:Soal Gelaran O2SN Ada Iuran, Begini Kata Disdikbud Lampung

Kemudian, realiasasi pembayaran PBB yang dilakukan mulai dari pelaksanaan pengumpulan, penagihan dan penyetoran ke pemda.

Selanjutnya, bidang Kemasyarakat desa sejauh mana pendekatan, bidang keagaaman, sosial dan sebagainya.

"Kendati secara keseluruhan  berjalan baik. Namun, ke depan mereka wajib secara kwalitas dan meningkatkan kinerja sehingga desa-desa di Lampung Timur semakin maju," kata Ahmad Zainuddin.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 30 Oktober 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: