Alhamdulillah, Pesisir Barat dapat Satu Dokter Gigi Program dalam Nusantara Sehat

Alhamdulillah, Pesisir Barat dapat Satu Dokter Gigi Program dalam Nusantara Sehat

Ilustrasi konsultasi dokter.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mendapat tambahan satu orang tenaga kesehatan (nakes) dokter gigi penugasan khusus melalui program Nusantara Sehat (NS) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) tahun 2023 yang ditempatkan di UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesbar, Tedi Zadmiko, S.K.M, S.H, M.M., mengatakan, Pemkab setempat melalui Diskes telah mengusulkan ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenkes RI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terkait kebutuhan sumber daya manusia (SDM) untuk nakes khususnya dokter gigi.

“Saat ini dari 11 UPTD Puskesmas dan RSUD KH.M.Thohir di Kabupaten Pesbar ini belum memiliki dokter gigi, sebelumnya memang ada satu dokter gigi, tapi saat ini masih melanjutkan pendidikan,” katanya, Selasa 8 Agustus 2023.

Sehingga, kata dia, nakes untuk dokter gigi tidak ada. Namun, kini Pemkab Pesbar mendapat satu nakes untuk dokter gigi melalui program Nusantara Sehat atas nama drg.Febby Nabilla Ruvi, yang merupakan nakes penugasan khusus dari Kemenkes RI.

BACA JUGA:Luar Biasa, Produk IKM Lampung Barat Siap 'Go' Pasar Modern

Dokter itu ditempatkan di Puskesmas Bengkunat Belimbing, Kecamatan Bangkunat.

Dokter gigi tersebut sudah mulai aktif bertugas di Puskesmas Bengkunat Belimbing, bahkan hari ini juga sudah berkoordinasi ke Diskes setempat.

“Dengan adanya dokter gigi tersebut tentu diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat seperti yang ada di Puskesmas Bengkunat Belimbing tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, kata Tedi, masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Bangkunat benar-benar memanfaatkan adanya pelayanan poli gigi yang ada di Puskesmas Bengkunat Belimbing tersebut.

BACA JUGA:Maju Pilkades, 78 Kepala Desa Lampung Timur Terima Surat Keterangan AMJ

Sebab, saat ini sudah memiliki dokter gigi, dan itu satu-satunya yang ada di Kabupaten Pesbar ini.

Terlebih, pelayanan gigi seperti pemeriksaan gigi, dan sebagainya itu sangat penting untuk kesehatan masyarakat.

“Kita juga berharap agar Puskesmas Bengkunatbelimbing dapat mensosialisasikan kepada masyarakat diwilayah kerjanya itu bahwa di Puskes tersebut kini sudah memiliki dokter gigi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing, Septono, S.K.M, M.M., mengatakan bahwa, dengan adanya dokter gigi di Puskesmas setempat tentunya pelayanan kesehatan untuk masyarakat diwilayah ini akan lebih ditingkatkan kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: