Catat Ya, Sudah Ada 685 Guru Lolos Guru Penggerak

Catat Ya, Sudah Ada 685 Guru Lolos Guru Penggerak

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, Tommy Efra Hendarta --Rima

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, Tommy Efra Hendarta menyebut sudah ada 685 guru yang lolos menjadi guru penggerak.

Hal ini disampaikan Tommy pada Senin, 28 Agustus 2023. "Jumlah guru penggerak yg sudah lulus dari angkatan 1 sampai dengan angkatan 7 sebanyak 435 orang," kata Tommy.

Sementara masih ada yang berproses pendidikan yaitu untuk angkatan 8 dan 9. Dua angkatan ini berjumlah 250 orang guru penggerak.

Tommy mengatakan guru yang sudah ditetapkan sebagai guru penggerak memiliki manfaat tersendiri. Setidaknya ada tujuh manfaatnya.

BACA JUGA:Wuling Panen Promo, Beli Mobil Air- Ev dapat Emas hingga Mobil Gratis

Pertama, mengembangkan Kompetensi dalam Lokakarya Bersama. Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama.

Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak secara gratis.

Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Pada pelatihan ini, calon guru penggerak akan dipantau terkait capaian perkembangannya.

BACA JUGA:Mantap! Selama 2 Hari, 20 Ribu Orang Hadir dalam Pesta Rakyat Simpedes BRI Gelorakan Pandaan

Selain itu, calon guru penggerak juga akan melaksanakan evaluasi hingga tahap pelatihan selesai dilaksanakan.

"Yang kedua, meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Manfaat selanjutnya ialah dalam mengikuti program guru penggerak bagi pendidik yaitu meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid," katanya.

Pendidik dapat meningkatkan performa diri dalam menjadi guru yang sebenar-benarnya yang berpusat pada murid.

Itu artinya, pendidik menjadi teladan dan mampu memberikan motivasi bagi murid sehingga menguatkan kemampuan untuk memberdayakan murid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: